Yuk, Obati Diri secara Alami dengan 4 Hal Berikut!

Halo Teman Sehat! Apakah kamu sering mengalami pusing, lelah, atau nyeri biasa yang bisa hilang dengan sendirinya? Meskipun demikian, gejala-gejala tersebut pasti mengganggu banget dan bisa bikin ngga fokus beraktivitas. Tapi, Teman Sehat masuk tim yang mana nih, dikit-dikit minum obat atau tunggu sampai reda sendiri?

Gejala-gejala yang disampaikan tubuh tersebut merupakan signal yang menunjukan bahwa tubuh kita butuh perhatian khusus. Ngga melulu harus minum obat ya! Kadang dengan istirahat atau menenangkan pikiran, gejala-gejala tersebut bisa hilang dengan sendirinya. Nah, mengonsumsi bahan alami yang memiliki khasiat obat juga bisa jadi alternatif loh.

1. Secangkir teh chamomile

Jika banyaknya tugas atau pekerjaan membuat kepala mu berasap, maka secangkir teh chamomile adalah pilihan yang tepat. Chamomile udah dikenal sebagai bahan alami pengobatan herbal sejak dahulunya. Bunga kering Chamomile yang bisa diseduh bersamaan dengan secangkir teh mengandung terpenoid dan flavonoid yang memiliki sifat obat. Nah, khasiatnya ialah untuk mengatasi demam, peradangan, kejang otot, gangguan menstruasi, dan lain sebagainya. Dikombinasikan dengan secangkir teh, wah pasti bikin hati dan pikiran jadi adem!

2. Minyak zaitun

Kiprah minyak zaitun dalam dunia kosmetik udah ngga diragukan lagi. Khasiatnya yang bisa menghaluskan kulit dan mengecilkan pori membuat produk berbahan dasar zaitun menjadi incaran para wanita. Tapi, ngga sebatas itu loh! Minyak zaitun juga bagus untuk kesehatan jantung karena terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Studi juga menunjukan, bahwa olive oil ini mengandung zat anti-hipertensif alias bisa bikin darah tinggi mu jadi reda. So, semangkuk salada buah/sayur dengan minyak zaitun bisa ningkatin mood kamu hari ini sekaligus menyehatkan jasmani!

3. Lidah buaya

Saat ini banyak produsen minuman menjadikan lidah buaya sebagai bahan utamanya. Ngga ada salahnya di coba ya Teman Sehat! Selain memberikan efek menyegarkan, lidah buaya memiliki banyak banget manfaat buat tubuh. Jika kamu stres karena susah BAB maka lidah buaya bisa menjadi solusinya. Aloe vera juga memiliki efek anti-oksidan dan anti-mikrobial yang bisa diapikasikan pada bagian tubuh yang terluka. Studi pada sekelompok tikus juga menunjukan bahwa lidah buaya ini bisa meningkatkan kemampuan belajar dan memori, serta menghilangkan depresi. Studi ini masih berlanjut loh Teman Sehat, ditunggu ya hasilnya!

4. Jahe

Bahan alami yang satu ini pasti udah ngga asing lagi buat Teman Sehat. Di Indonesia pun banyak minuman yang dibuat berbahan dasar jahe. Ngga ada salahnya loh Teman Sehat memilih salah satu minuman berbahan jahe ini buat santai sore atau menghangatkan malam! Kenapa? Oleoresin yang terkandung pada jahe mengandung berbagai jenis komponen bioaktif yang diyakini memiliki efek farmakologis bagi tubuh. Jahe pun memberikan berbagai manfaat, mulai dari mengurangi rasa sakit, mendetoks tubuh, zat anti-peradangan, dan lain sebagainya. Yuk, nge-jahe!

Nah, itulah 4 bahan alami yang bisa kamu jadikan pemulih tubuh. Ngga cuma itu, masih banyak bahan alami lainnya yang memiliki efek kesehatan. Teman Sehat biasanya mengonsumsi apa? Yuk, share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *