‘Maskne’, Kebiasaan yang Bikin Jerawatan!

Teman Sehat, saat ini memakai masker menjadi kewajiban utama bagi masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19, terlebih saat keluar rumah. Penelitian membuktikan penggunaan masker sangat efektif dalam mengurangi penyebaran virus. Tapi terlalu lama mengenakan masker justru menimbulkan masalah jerawat  pada kulit wajah atau disebut Maskne (Mask-Acne). Apakah kamu salah satu yang mengalaminya? Yuk, lakukan pencegahan leawat cara-cara berikut ini!

Cleansing dan moisturizing

Membersihkan wajah secara teratur bisa mencegah berbagai masalah kulit, anjurannya dilakukan sebanyak dua kali sehari. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan tanpa pengharum atau fragrance-free jika kulit cenderung sensitif dan rentan berjerawat.

Chica, Retrato, Mujer, Jóvenes, La Cara, Piel, Cabello

Pelembab atau moisturizer mengurangi efek kulit kering akibat penggunaan masker, selanjutnya gunakan sunscreen untuk melindungi papaparan sinar matahari. Usahakan memakai produk pelembab wajah dengan klaim oil-free atau non-comedogenic di kemasan produk. Menurut dermatologist Carrie L. Kovarik, MD, FAAD, sebaiknya gunakan pelembab sebelum dan sesudah mengenakan masker.

Pakai masker sesuai protokol kesehatan

Teman Sehat, pastikan kamu sudah mengenakan masker sesuai protokol kesehatan, yaitu dengan syarat masker menutup hidung dan mulut, ngga terlalu ketat, tapi juga ngga longgar. Pemakaian masker yang terlalu ketat dikhawatirkan bisa menyebabkan iritasi kulit.

Mujer, Joven, Mascarilla, Caminar, Callejón, Calle

Perhatikan juga bahan masker yang digunakan untuk mengurangi terjadinya masalah kulit. Gunakanlah bahan yang nyaman dan lembut, seperti katun terlebih apabila kamu mempunyai kulit sensitif, rentan berjerawat, dan berminyak. Sebaiknya hindari masker dengan bahan sintetis seperti nilon, poliester, atau rayon karena mudah menyebabkan jerawat dan iritasi.

Cuci masker kain

Setiap selesai digunakan, jangan lupa cuci masker apabila jenis masker kamu adalah masker kain. Mencuci menghilangkan minyak, keringat, sel kulit mati yang menempel, atau kotoran lain sehingga mencegah masalah pada kulit. Masker dapat dicuci dengan mesin cuci maupun tangan. Pastikan kamu mengikuti instruksi pencucian masker agar kainnya ngga rusak. Sebaiknya gunakanlah deterjen yang hipoalergenik dan fragrance-free ya.

Pilih make up yang cocok

Woman Applying Makeup

Teman Sehat, jika ngga terlalu dibutuhkan, sebaiknya kamu ngga perlu memakai make up terlebih dahulu. Make up bisa menyumbat pori-pori dan meningkatkan kemungkinan breakouts, loh! Breakouts adalah istilah yang digunakan apabila timbul jerawat di wajah dalam jumlah cukup banyak secara tiba-tiba. Tapi, jika memang dibutuhkan, gunakanlah make up dengan klaim non-comedogenic atau oil-free. 

Lepaskan masker selama 15 menit tiap 4 jam

Kamu bisa melakukan hal ini jika situasi dan kondisi sekitar memungkinkan ya, Teman Sehat. Jangan pernah sekali-kali melepaskan masker saat berada di keramaian. Kamu bisa melepaskan masker saat kamu berada sendirian di mobil, rumah, atau luar rumah dengan kondisi lingkungan ngga banyak orang. Jangan lupa untuk tetap menjaga jarak setidaknya 2 meter dari orang lain. Pastikan, kamu telah mencuci tangan sebelum melepas masker

Semoga cara di atas bisa membantu ya, Teman Sehat. Ayo, kita bantu mengurangi penyebaran Covid-19 dengan menggunakan masker untuk melindungi diri dan orang lain. Jangan lupa bagikan informasi menarik ini ke orang-orang sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *