Pangan Ramah Lingkungan Berkelanjutan, Apa Itu?

Sahabat Sehat, saat ini manusia sedang berpacu dengan waktu untuk mencegah peningkatan suhu bumi sebesar 2°C akibat pemanasan global. Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut dan melestarikan lingkungan adalah melakukan konsumsi pangan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Bagaimana pangan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi lingkungan? Yuk, simak ulasan berikut!

Apa dampak pangan terhadap lingkungan?

konsumsi pangan berkelanjutan
Foto: Freepik.com

Sebelumnya perlu diketahui bahwa pangan dapat mempengaruhi lingkungan melalui berbagai aspek, salah satunya melalui aspek produksi pangan. Proses produksi pangan ternyata merupakan salah satu faktor utama penyebab terbentuknya emisi gas rumah kaca yang bisa menyebabkan peningkatan suhu bumi. Sektor pertanian bertanggung jawab atas 27% emisi gas rumah kaca yang berasal dari metana sebagai limbah produksi beras, karbon dioksida dari mesin produksi, dan dinitrogen oksida sebagai dampak dari penggunaan pupuk.

Sementara itu, sektor peternakan dan perikanan menyumbang 31% emisi gas rumah kaca yang berasal dari sisa proses pencernaan hewan ternak khususnya ruminansia seperti sapi, ladang bagi ternak, dan bahan bakar kapal penangkap ikan. Keseluruhan rantai pasokan pangan yang meliputi produksi, pengemasan, transportasi, dan penjualan dapat menyumbang emisi gas rumah kaca hingga 18%.

Selain itu, proses produksi pangan juga menggunakan banyak sumber daya air dan lahan. Sebanyak 70% air tawar dan sepertiga tanah yang subur digunakan untuk sektor pertanian. Penggunaan sumber daya air dan lahan untuk produksi pangan yang ngga terkendali bisa menimbulkan penurunan kualitas tanah, polusi air, dan deforestasi. 

Konsumsi pangan ramah lingkungan berkelanjutan

konsumsi pangan berkealnjutan
Foto: Freepik.com

Konsumsi pangan ramah lingkungan berkelanjutan (environmentally sustainable food consumption) merupakan perilaku memilih dan mengonsumsi pangan yang proses produksinya memiliki dampak yang rendah terhadap lingkungan. Proses produksi pangan tersebut menggunakan sesedikit mungkin sumber daya alam dan bahan beracun serta meminimalisir sampah dan polutan. 

Konsep ini diperkenalkan untuk menjaga kelestarian lingkungan hingga bertahun-tahun mendatang. Dengan diterapkannya konsep ini, diharapkan kebutuhan dasar, kualitas hidup, dan ketahanan pangan manusia saat ini maupun generasi berikutnya dapat terpenuhi dan terjamin. Dalam menerapkan konsumsi pangan ramah lingkungan berkelanjutan, pangan yang dikonsumsi tentunya harus tetap sehat, terjangkau, dan dapat diterima masyarakat. 

Langkah yang bisa dilakukan

Terdapat beberapa langkah yang bisa Sahabat Sehat lakukan untuk memulai konsumsi pangan ramah lingkungan berkelanjutan, yaitu meningkatkan konsumsi sayur, buah, gandum, kacang-kacangan, atau serangga, dan konsumsi seafood atau unggas dalam jumlah sedang atau rendah. Kamu juga bisa mengurangi konsumsi daging merah, daging proses, gula, dan gandum refinasi. Pilihlah pangan lokal yang mudah dijangkau ataupun pangan yang sedang musim. jangan lupa untuk mengurangi sampah makanan, ya.

Sahabat Sehat, menjaga kelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab bersama dan melakukan konsumsi pangan ramah lingkungan berkelanjutan merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan. Supaya kelestarian lingkungan bisa dijaga bersama, jangan lupa bagikan informasi ini, ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Aleksandrowicz, L., Green, R., Joy, E.J.M., Smith, P., dan Haines, A. 2016. The Impacts of Dietary Change on Greenhouse Gas Emissions, Land Use, Water Use, and Health: A Systematic Review. PLoS ONE, 11(11): e0165797. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0165797

Awuchi, C.G., Awuchi, C.G., Ukpe, A.E., Asoegwu, C.R., Uyo, C.N., dan Ngoka, K.E. 2020. Environmental Impacts of Food and Agricultural Production: A Systematic Review. European Academic Research, VIII(2). https://www.researchgate.net/publication/341787175_Environmental_Impacts_of_Food_and_Agricultural_Production_A_Systematic_Review

Harvard School of Public Health. 2021. Sustainability. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/sustainability/ . Diakses pada 31 Juli 2021.

Vermeir, I., Weijters, B., Houwer, J.D., Geuens, M., Slabbinck, H., Spruyt, A., Kerckhove, A.V., Lippevelde, W.V., Steur, H.D., dan Verbeke, W. 2020. Environmentally Sustainable Food Consumption: A Review and Research Agenda From a Goal-Directed Perspective. Frontiers in Psychology, 11(1603). https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2020.01603/full#h2

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.