Kegiatan Bermanfaat Merayakan Kemerdekaan

Ngga terasa sudah 76 tahun Indonesia merdeka. Bukan usia yang muda lagi jika diberikan pada manusia. Sahabat Sehat, biasanya gimana sih, cara kamu merayakan hari merdeka? Upacara bendera hingga ikut banyak lomba? Banyak kegiatan seru pastinya.

Sayangnya, dua tahun terakhir ini ada yang beda dalam perayaan kemerdekaan. Yap, benar karena virus corona yang awalnya hanya diperkirakan mampir sebentar, ternyata bertahan sudah lebih dari setahun. Tapi ngga perlu khawatir, meskipun ngga bisa kumpul bersama, kamu tetap bisa melakukan kegiatan seru untuk merayakan kemerdekaan ini kok.

kegiatan untuk merayakan kemerdekaan RI
Foto: Pixabay.com

Kegiatan Bermanfaat Merayakan Kemerdekaan

Nonton Film Tema Nasionalisme

Pada hari spesial ini, menonton film dengan tema nasionalisme menjadi salah satu pilihan untuk kamu merayakan kemerdekaan. Sekarang ini sudah banyak film yang bertema ini di bioskop maupun televisi. Tujuannya supaya masyarakat memiliki ikatan emosional dengan negara-nya. Ini juga menjadi salah satu cara supaya kamu ngga lupa dengan nilai-nilai sejarah Indonesia.

Dekorasi Rumah dengan Ornamen Kemerdekaan

Mendekor rumah juga menjadi salah satu kegiatan yang seru loh, Sahabat Sehat! Kamu bisa membuat ornamen-ornamen kecil dengan tema kemerdekaan atau mewarnai sedikit sudut rumah atau rumah dengan warna merah putih.

Selain itu, kegiatan dekorasi rumah juga bisa menjadi pengganti aktivitas fisik, loh! Apalagi saat pandemi ini, aktivitas fisik di lingkungan rumah lebih direkomendasikan untuk dilakukan agar tubuh tetap bugar.

kegiatan untu merayakan kemerdekaan RI
Foto: Pixabay.com

Masak Makanan Khas Nusantara

Indonesia begitu kaya akan kulinernya. Kamu bisa melakukan kegiatan fun cooking dengan memasak berbagai jenis makanan khas nusantara pada hari kemerdekaan ini. Mulai dari masakan khas Sabang hingga Meruke, mau pilih yang mana? Bebas saja, sesuai selera kamu. Supaya lebih terasa suasana kemerdekaannya, kamu bisa mengkreasikan masakan tersebut dengan warna merah putih loh, Sahabat Sehat!

Menurut penelitian, kegiatan fun cooking juga membantu meningkatkan kemampuan sosial emosional dan bahasa pada anak. Anak bisa memperoleh banyak informasi terkait memasak, mulai saat mempersiapkan bahan hingga menyajikan hidangan. Selain itu, dengan mengajak anak memasak bersama, mereka merasa memiliki tanggungjawab terhadap kegiatan yang dilakukan. Jadi, bagi kamu yang punya Anak usia dini, kegiatan ini menjadi salah satu pilihan yang menarik bukan?

Nah, itu dia beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan merayakan hari kemerdekaan kali ini. Kamu tertarik melakukan kegiatan yang mana nih, Sahabat Sehat?

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Amaros Y, Rohita. 2018. Peran Kegiatan Fun cooking dalam Kemampuan Sosial
Emosional dan Bahasa Anak. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA 4(4): 256-264. https://www.neliti.com/publications/290069/peran-kegiatan-fun-cooking-dalam-kemampuan-sosial-emosional-dan-bahasa-anak

Satria BR, Rinaldy  R. 2019. Sikap penonton terhadap film nasionalisme (Jenderal Soedirman). ProTVF 3(2):200-212. https://jurnal.unpad.ac.id/protvf/article/view/21613/11801

Wicaksono A. 2020. Aktivitas Fisik yang Aman pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha 8(1):10-15. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK/article/view/28446/16908

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.