Pendengaran Sehat Sampai Tua dengan 4 Cara Ini

pendengaran sehatHalo Teman Sehat! Sebagai anak muda, earphone udah jadi sahabat kita sehari-hari kan? Tapi, pernahkah terbesit di pikiranmu tentang pendengaran sehat?

Earphone busa menjadi penyelamat kita dari kebosanan dan mati gaya saat lagi sendirian atau nunggu seseorang. Tapi, ternyata banyak dari kita yang belum mampu menggunakan earphone dengan bijak loh.

Penelitian menemukan bahwa sebagian besar mahasiswa yang menggunakan earphone mengatur volume hingga 80%. Hal ini bisa menimbulkan risiko bahaya pada pendengaran bila dilakukan lebih dari 1 jam.

Penelitian lain membuktikan bahwa anak muda masa kini mengalami gangguan pendengaran 2,5 kali lebih banyak dibanding kakek dan nenek kita.

Menurut seorang spesialis THT, Dr. Kourosh Parham, gangguan pendengaran tergantung pada seberapa keras suara yang kira dengarkan. Semakin keras suaranya, maka akan semakin cepat timbul kerusakan pada telinga kita.

Nah, kamu ngga mau telinga kamu rusak kan? Ayo lakukan 4 hal ini!

1. Dengarkan dengan volume yang rendah

volume rendah

Volume yang dianjurkan serta aman bagi pendengaran manusia adalah 85 dB untuk durasi maksimal 8 jam. Bila kita berada di lingkungan yang memang bising (seperti konser dan bar), maka sebaiknya kita menggunakan pelindung telinga berupa earplugs. Alat ini dapat menurunkan keterpaparan kita pada kebisingan 5-45 dB.

2. Batasi waktu penggunaan earphone

photo-1473213183008-891c09fe6404

Seperti yang kita ketahui, semakin sering mendengarkan suara keras, semakin cepat kerusakan yang ditimbulkan pada telinga kita. Untuk itu, batasi penggunaan earphone hingga kurang dari satu 1 jam per hari. Mencabut earphone yang kita gunakan agar telinga kita beristirahat sebentar juga boleh banget kamu lakukan!

3. Perhatikan peringatan dari perangkat yang kita gunakan

(banner-1165975__180)

Setiap perangkat biasanya akan otomatis memberikan peringatan bila kita menaikkan mendegarkan dengan volume yang terlalu keras.

4. Periksan gejala pada dokter THT

pendengaran sehat

Untuk menghindari risiko kehilangan kemampuan mendengar, saat kamu udah merasakan tanda ataupun gejala yang mengganggu, sebaiknya lakukan pemeriksaan kemampuan mendengar kamu ke dokter THT.

Pendengaran merupakan salah satu panca indera yang sangat berharga. Kehilangan kemampuan mendengar akibat terlalu sering mendengar suara yang keras cenderung tidak dapat disembuhkan. Hal ini tentu akan menurunkan kualitas hidup seseorang. Untuk itu, yuk kita mulai manfaatkan teknologi dengan bijak dan mendengar dengan aman.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *