Apakah Mengonsumsi Durian bisa Meningkatkan Kolesterol?

Halo, Teman Sehat! Musim durian sedang berlangsung, nih. Hayo sudah berapa buah yang kamu konsumsi? Yap, meskipun harga satu buah durian terbilang cukup mahal, hal ini ngga menghalangi kamu buat mengonsumsinya, kan?

Ngga cuma enak, ternyata buah ini juga mengandung zat gizi yang baik, loh buat tubuh. Tapi, benar ngga sih dibalik enaknya dan zat gizi yang terkandung pada buah ini, bisa meningkatkan kolesterol? Penasaran, yuk simak penjelasannya di sini!

Benarkah konsumsi durian sebabkan naiknya kolesterol?

Kamu sering mendengar hal ini Teman Sehat? Ternyata, anggapan mengenai tingginya kadar kolesterol pada buah ini sepertinya sudah beredar di masyarakat. Padahal pada kenyataannya, durian ngga meningkatkan kolesterol dalam darah, loh!

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Indonesia, menyatakan bahwa mengonsumsi buah yang memiliki bau dan tekstur khas ini ngga menyebabkan peningkatan jumlah kolesterol dalam darah. Buah ini mengandung zat antioksidan yang secara ngga langsung berperan dalam menurunkan kolesterol.

Inilah sifat uniknya

Ternyata buah ini memiliki sifat anti aterosklerosis atau sifat yang ngga memengaruhi penyempitan pembuluh darah pada tubuh. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Nur Attirah dan Abbe, sifat ini juga berperan dalam menurukan kolesterol sehingga mencegah terjadinya hiperkolesterolemia (tingginya jumlah kolesterol).

Selain itu, buah durian juga kaya akan berbagai zat gizi makro dan zat gizi mikro, loh! Ternyata, setiap 100 gram buah durian mengandung 28 gram karbohidrat, 2,5 gram protein dan 3 gram lemak. Buah ini juga mengandung zat gizi mikro seperti vitamin A sebesar 175 mg, 53 mg vitamin C, 1 mg zat besi, 7 mg kalsium, 601 mg kalium dan 44 mg fosfor.

Jangan lupa batasi konsumsinya, ya!

Teman Sehat, bukan berarti ngga meningkatkan jumlah kolesterol di dalam darah, menjadikan kamu ngga membatasi konsumsinya, ya! Hal ini dikarenakan buah ini juga mengandung kalori yang cukup tinggi, loh! Dalam 100 g buah ini terkandung 134 kalori.

Artinya, jika kamu mengonsumsi 1 buah ini dengan berat 1 kg, kalori yang masuk ke tubuh sudah mencapai 1340 kalori di luar dari kalori yang didapatkan dari makanan utama, loh. So, inilah yang harus diperhatikan ketika mengonsumsinya.

Nah, Teman Sehat rasa buah durian yang sangat menggoda sering kali memang membuat ketagihan hingga ingin memakannya terus menerus. Tapi, yuk mulai dari sekarang konsumsi secara bijak dalam porsi cukup dan ngga berlebihan agar buah ini ngga memberikan efek buruk bagi kamu. Selamat berpesta!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *