Peran Generasi Milenial dalam Edukasi Gizi

Teman Sehat, banyaknya berita mengenai COVID19, terkadang membuat masyarakat resah karena ngga tahu tentang kebenarannya. Sedangkan semakin hari, semakin banyak informasi yang berdatangan melalui internet, maupun grup komunikasi keluarga. Lalu, bagaimana ya, peran generasi milenial dalam menghadapi hal ini?

Pentingnya edukasi

Di kala pandemi ini, penting bagi masyarakat mendapatkan informasi yang akurat. Jika kamu ahli di bidang gizi, kesehatan maupun pangan, ngga ada salahnya untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi yang akurat. Salah satu caranya yaitu edukasi dan penyuluhan mengenai ketiga bidang di atas.

Dalam masa pandemi ini, penting bagi masyarakat untuk mengetahui cara menjaga sistem kekebalan tubuh dan tetap bertahan. Peran kamu sebagai generasi milenial yang ada di bidang gizi, kesehatan, maupun pangan bisa membantu dalam mengedukasi masyarakat dengan melaksanakan intervensi dan penyuluhan untuk lebih paham cara menjaga kesehatan.

Bagaimana perannya?

Seperti yang kamu tahu, peran tenaga kesehatan, khususnya ahli gizi sangatah dibutuhkan dengan cara:

1. Asuhan Gizi

Mengelola asupan gizi yang baik bagi masayarakat, dengan cara memberikan arahan dalam melakukan pemilihan makanan yang tepat dan mengubah perilaku makan seseorang menjadi lebih baik.

2. Edukasi

Kamu bisa merencanakan pengembangan, penyuluhan dan pengedukasian terkait gizi kepada masyarakat. Masayarakat butuh arahan untuk mencegah COVID-19 dari sisi asupan gizi dan pangan.

3. Intervensi gizi

Memberikan arahan diet yang tepat dan merencanakan menu makan yang baik agar bisa diaplikasikan masyarakat di masa pandemi dan era new normal.

4. Pelayanan makanan

Memberikan tips dan trik dalam memilih makanan, keamanan pangan dan pengolahan makanan yang menarik dalam masa newnormal. Dari makanan, kamu bisa mendapatkan asupan gizi seimbang, untuk membentuk imunitas tubuh dalam upaya mencegah COVID-19.

Lalu, bagaimana peran calon ahli pada ketiga bidang?

Selain peran para ahli, tentu para calon ahli dan penerus bangsa ini juga bisa berperan penting bagi masyarakat, loh! Lalu, hal seperti apa yang dapat mereka lakukan?

1. Kesadaran terhadap perkembangan zaman

Para calon ahli, perlu memanfaatkan teknologi di zaman ini, untuk mengedukasi masyarakat dalam mencegah COVID-19. Penggunaan social media seperti instagram, youtube maupun zoom, google meet atau microsoft team sebagai platform edukasi juga perlu dipelajari.

2. Memberikan informasi yang kredibel

Tentu saja informasi sangatlah penting bagi masyarakat, terlebih banyak sekali berita hoaks atau berita yang kurang baik memengaruhi psikologi masyarakat. Gunakanlah sumber yang kredibel, resmi dan tertulusur agar informasi yang disampaikan valid.

4. Melakukan edukasi

Melakukan edukasi adalah hal yang penting guna mencegah missing infromation atau salah tangkap informasi bagi masyarakat. Selain itu, sebagai calon ahli atau para mahasiswa di ketiga bidang tersebut, bisa menggunakan sosial media untuk berbagi informasi yang kredibel dan valid sumbernya kepada masyarakat. Jangan lupa, selalu perbaharui ilmu pengetahuan dengan mengkaji hubungan ketiga ilmu tersebut dengan COVID-19 ini melalui jurnal-jurnal ilmiah.

Nah, itulah beberapa peran yang bisa kamu lakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pandemi COVID19. Oh iya, jangan lupa sebarkan hal positif dan mengedukasi dengan sumber yang valid, ya Teman Sehat!

Penulis: Salma Rasyidah-ILMAGI

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *