Perayaan Hari Apoteker Sedunia 2020 di Indonesia

Teman Sehat, Hari Apoteker Sedunia atau World Pharmacists Day (WPD) diperingati setiap tanggal 25 September. Di Indonesia, peringatan WPD dikoordinasi oleh PP IAI atau Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia. Nah, kira-kira kegiatan apa saja yang terselenggara saat WPD 2020 di Indonesia? Yuk, simak fakta-fakta berikut ini!

Tema WPD 2020 di Indonesia

Agenda WPD 2020 yang dirilis oleh International Pharmaceutical Federation (FIP) mengusung tema “Transforming Global Health”. Berdasarkan tema tersebut, FIP berpesan agar seluruh masyarakat yang berprofesi di bidang farmasi bisa terus menyelenggarakan kegiatan dalam rangka mempromosikan dan mengadvokasi peran apoteker dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dunia.

empty white painted store

WPD menjadi momentum yang sangat tepat untuk mengomunikasikan kembali, bagaimana apoteker dapat berperan dalam memberikan layanan kesehatan di lingkungannya.  Pelayanan tersebut berupa penyuluhan pola hidup sehat, vaksinasi, serta penggunaan obat dengan baik dan benar. Ilmuwan farmasi juga diharapkan bisa terus mengembangkan penemuan-penemuan baru untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Kegiatan-kegiatan WPD 2020 di Indonesia

Di Indonesia, PP IAI mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam merayakan WPD 2020 dengan tema “Cermat Menyikapi Informasi dan Peredaran Obat Online”. Hal ini didasarkan atas maraknya peredaran informasi farmasi yang ngga tepat dan peredaran obat online tanpa izin. Terlebih lagi, di masa pandemi banyak masyarakat berbondong-bondong memborong berbagai macam suplemen dan obat tertentu yang diklaim dapat mencegah dan menyembuhkan Covid-19.

person holding medicine pills

PP IAI berharap, Hari Apoteker Sedunia tahun 2020 menjadi momen yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat yang berprofesi di bidang farmasi, untuk mengedukasi masyarakat agar memanfatkan teknologi lebih baik. Hal ini meliputi kegiatan menyebarkan dan mendapatkan informasi mengenai obat-obatan, maupun info kesehatan lainnya. PP IAI menyelenggarakan berbagai macam kegiatan untuk menyemarakkan Hari Apoteker Sedunia. Kegiatan tersebut diantaranya:

  1. Pemasangan twibbon di media sosial
  2. Kompetisi video edukasi masyarakat antar pengurus cabang IAI
  3. Kampanye DAGUSIBU atau Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang, dimana Apoteker menjadi “guru tamu” di SMA/K atau sederajat secara virtual dengan tema “kehati-hatian menyikapi peredaran informasi dan obat secara online
  4. Penyelenggaraan webinar apoteker dengan tujuan berbagi ilmu untuk ibu-ibu PKK di seluruh Indonesia

Meskipun WPD berlangsung di tengah pandemi, seluruh masyarakat diharapkan dapat berperan aktif ikut memperingati WPD dengan memerhatikan setiap informasi terkait obat dan kesehatan yang diterima secara online, tentunya agar masyarakat ngga mempercayai dan terjerumus pada informasi yang salah. Jangan lupa bagikan informasi menarik ini ke orang-orang di sekitar kamu!

Selamat Hari Apoteker Sedunia!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *