Mengetahui Apa Saja yang Terjadi Saat Mencapai Lansia

Hai Teman Sehat, tahukah kamu? Setiap tanggal 29 Mei diperingati sebagai Hari Lansia Nasional, loh! Lansia merupan fase kehidupan yang akan dialami oleh manusia. Saat memasuki lanjut usia, akan ada banyak perubahan yang terjadi. Kamu bisa loh, mempersiapkan diri sejak masih muda supaya nantinya bisa menikmati masa lansia dengan baik. Apa saja sih sebenarnya yang akan terjadi pada diri kamu saat mencapai usia lansia?

Penurunan Fungsi Fisiologis Tubuh

Foto: Unsplash.com

Saat kamu mencapai usia lansia maka akan terjadi penurunan berbagai fungsi fisiologis tubuh dan beberapa bisa sampai mengalami penyakit degeneratif. Organ tubuh yang biasanya mengalami penurunan fungsi salah satunya yaitu paru-paru, semakin tua seseorang maka kemampuan kontraksi otot pernafasan akan menurun dan hal ini menyebabkan lansia akan mengalami kesulitan saat bernafas.

Selain itu aktivitas jantung juga berkurang dan menyebabkan terjadinya penurunan curah jantung (banyaknya volume darah yang dipompa dalam waktu tertentu). Berikutnya saluran cerna pada lansia juga sering sekali mengalami gangguan seperti gastritis.

Penurunan Kualitas Tidur

Kualitas tidur merupakan aspek yang penting untuk setiap individu, setelah melakukan kegiatan sehari-hari yang melelahkan tentu tidur bisa menjadi cara untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

Sayangnya, saat seseorang mencapai usia lansia bisa saja mengalami berbagai permasalahan gangguan tidur seperti peningkatan latensi tidur, bangun lebih awal, efisiensi tidur berkurang, sulit untuk tidur nyanyek, ganguan irama sirkardian, peningkatan tidur siang dan beberapa informasi menyebutkan bahwa banyak lansia yang sering tidur siang namun kesulitan untuk tidur di malam hari.

Mengalami Kecemasan (Anxiety)

Foto: Unsplash.com

Bukan hanya gangguan secara fisik, lansia juga rentan mengalami permasalahan psikologis. Masalah psikologis yang paling sering dihadapi atau dialami oleh lansia yaitu kecemasan atau anxiety yang menimbulkan rasa ketidaknyamanan secara emosional seperti perasaan khawatir, kegelisahan, dan ketakutan sehingga bisa menggau kehidupannya

Mengalami Depresi

Permasalah psikologis lainnya yang sering dialami oleh lansia yaitu depresi yang merupakan kondisi terganggunya psikologis seseorang yang berkaitan dengan adanya perasaan sedih dan gejala penyerta perubahan pada pola tidur, nafsu makan, konsentrasi, rasa ngga berdaya, mudah merasa lelah dan penurunan fungsi psikomotorik. Penderita depresi di Indonesia sendiri terbilang cukup tinggi, yaitu sekitar 7 juta dari 39 juta jiwa.

Meskipun ngga bisa dihindari oleh manusia, kamu bisa berupaya memperbaiki pola hidup sejak dini demi masa tua yang lebih baik. Selalu menanamkan fikiran postif dan menghindari perilaku yang buruk dapat pula membantu menjaga kesehatan mental kamu hingga lansia. Semoga sehat selalu, Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

Khasanah, K., & Handayani, W. (2012). Kualitas Tidur Lansia Balai Rehabilitasi Sosial “MANDIRI” Semarang. Jurnal Keperawatan Diponegoro, 1(1), 189-196. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jnursing/article/view/449

Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia)

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/6480

Pragholapati, A., & Munawaroh, F. (2020). RESILIENSI PADA LANSIA. Jurnal Surya Muda : Ilmu Keperawatan Dan Ilmu Kesehatan, 2(1), 1-8.
http://ojs.stikesmuhkendal.ac.id/index.php/jsm/article/view/55

Aspek Sosio Psikologis Lansia di Indonesia
https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/13240

Menigkatkan Kualitas Hidup Lansia Konsep dan Berbagai Intervensi
https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=lWCIDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=lansia&ots=zZceCS3-5X&sig=C-LL2XQF8SMkacWa2CG1eIsyZoA

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.