Peringatan Hari Pangan Sedunia 2020

Teman Sehat, tahukah kamu World Food Day (WFD) atau Hari Pangan Sedunia diperingati setiap 16 Oktober, loh! Sebanyak kurang lebih 150 negara di dunia memperingati Hari Pangan Sedunia setiap tahunnya. Peringatan hari spesial ini bukan semata-mata tanpa sejarah dan latar belakang, tema yang diusung setiap tahunnya pun disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat dunia. Yuk, simak serba-serbi Hari Pangan Sedunia yang harus kamu ketahui!

Sejarah

Hari Pangan Sedunia merupakan hari lahirnya Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (Food and Agriculture Organization – FAO) pada tahun 1945 di Kanada. Pembentukan FAO didasarkan atas tujuan yang sama antara seluruh negara di dunia, yaitu agar bebas dari kekurangan pangan, serta mendapatkan makanan yang sesuai dan memadai untuk mendukung kesehatan masyarakat.

Sumber: www.accesstoseeds.org

Oleh sebab itu, tanggal 16 Oktober digunakan juga untuk menghormati hari lahirnya FAO sekaligus mengingatkan dunia akan komitmen bersama untuk membebaskan masyarakat dari kelaparan. Hari Pangan Sedunia ditetapkan pada saat konferensi umum anggota FAO pada tahun 1979. Peringatannya sendiri mulai diadakan setiap tahun mulai dari tahu 1981.

Hari Pangan Sedunia 2020

Tahun 2020 ini, FAO mengusung tema “Grow, Nourish, Sustain. Together. Our Actions are Our Future”. Pemilihan tema ini ngga terlepas dari kondisi masyarakat dunia yang sedang mengalami masa-masa sulit pandemi COVID-19. Kondisi pandemi memaksa masyarakat untuk introspeksi diri pada kebutuhan-kebutuhan mendasar yang sering kali diabaikan, yaitu pangan.

Pangan merupakan inti dari kehidupan masyarakat. Mempertahankan akses untuk memperoleh makanan yang aman dan bergizi menjadi konsentrasi utama saat pandemi, terutama bagi masyarakat rentan serta bagi mereka yang perekonomiannya terdampak selama pandemi.

Momen peringatan ini juga sangat penting bagi seluruh masyarakat untuk lebih mengenal Pahlawan Pangan. Tak lain tak bukan, pahlawan pangan yang dimaksud yaitu para petani dan seluruh pihak yang berada di setiap sistem pangan. Pihak-pihak inilah yang bertugas memastikan suplai pangan berjalan dengan baik.

Hari Pangan Sedunia juga merupakan momen yang penting untuk meningkatkan solidaritas masyarakat agar saling membantu sehingga kebutuhan pangan setiap  orang diharapkan dapat terpenuhi dengan baik, pulih dari krisis, dan mampu menciptakan sistem pangan yang lebih tangguh tanpa terkecuali. Dengan demikian, seluruh lapisan masyarakat dapat memenuhi diet hariannya secara berkelanjutan.

Selamat Hari Pangan Sedunia! Bersama, penuhi kebutuhan pangan, untuk masa depan yang gemilang. Jangan lupa bagikan informasi menarik ini ke orang-orang di sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *