Benarkah Kesehatan Mental Memengaruhi Nafsu Makanmu?

Teman Sehat, saat ini kesehatan mental menjadi isu yang mulai diperhatikan banyak orang. Yap, ketika kamu menyepelekannya, gangguan ini lama kelamaann bisa berakibat buruk, loh bagi tubuh. Salah satu dampaknya, yaitu memengaruhi nafsu makan. Kok bisa, ya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Gangguan kesehatan mental

Seseorang bisa dikatakan mengalami gangguan mental saat mengalami bebebapa gangguan kejiawaan. Gejala umumnya yaitu pusing, susah tidur, mengalami kecemasan dan sedih yang berlebihan, rasa putus asa, marah tanpa alasan, mengalami stres berlebihan dan gejala lainnya.

Bagaimana hubungannya dengan nafsu makan?

Seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental, lebih rentan mengalami masalah kesehatan, salah satunya nafsu makan. Ketika kamu mengalami stres, hipotalamus, salah satu bagian otak ini akan melepas hormon kortikotropin. Hormon ini berfungsi menekan nafsu makan seseorang. Selain itu, otak juga mengirimkan pesan ke kelenjar adrenal untuk menghasilkan hormon epinegrin yang memicu tubuh untuk menunda makan.

Gangguan nafsu makan yang bisa terjadi,

1. Nafsu makan berlebih.

Nafsu makan ngga terkontrol dan kurangnya akitifitas fisik akan menyebabkan obesitas. Seseorang yang mengalami stres, bisa saja melampiskannya pada makanan, sehingga konsumsinya berlebihan dan ngga terkontrol.

Hal ini akan berbahaya bagi tubuh, sehingga berisiko mengalami kegemukan atau obesitas. Obesitas merupakan salah satu ‘pintu gerbang’ penyebab berbagai penyakit seperti penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes.

2. Nafsu makan berkurang

Mengalami gangguan makan, bisa menyebabkan kamu berisiko mengalami anoreksia nervosa dan bulimia nervosa, loh! Seseorang yang mengalami anoreksia, merasa takut mendapatkan berat badan normal dan gemuk, sehingga pola makannya terganggu.

Sedangkan seseorang yang mengalami bulimia, akan mengonsumsi makanan dalam porsi besar, kemudian dimuntahkan kembali. Selain dimuntahkan, juga menggunakan obat pencahar, puasa dan olahraga berlebihan. Jika dibiarkan terus-menerus, bisa berakibat fatal, karena berisiko terkena anemia, dehidrasi, hingga hipotensi (darah rendah) kronis.

Tips mengatasi ngga mood saat makan!

Saat ngga mood, jangan sampai memengaruhi nafsu makanmu. Hal ini dikarenakan tubuh tetap membutuhkan asupan zat gizi untuk beraktivitas. Jangan sampai kamu melampiskannya dengan konsumsi makanan berlebih maupun sebaliknya. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan tips di bawah ini!

  1. Tanamkan dalam pikiran bahwa makanan penting bagi tubuh, sebagai sumber energi
  2. Mengonsumsi makanan manis, salah satunya cokelat. Yap, cokelat bisa membatu menaikkan mood kamu, loh! Kandungan zat antioksidannya, bisa menurunkan ketegangan yang kamu alami.
  3. Mengatur waktu makan dengan tepat. Sesibuk apapun kegiatan yang kamu lakukan, waktu makan ngga boleh terlewat, ya! Melewatkan waktu makan akan berpengaruh buruk pada tubuh.

Nah Teman Sehat, itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang gangguan kesehatan mental dengan nafsu makan. Ingat ya, ngga mood boleh, tapi jangan sampai ‘menyiksa’ tubuhmu! Jangan lupa, bagikan artikel ini ke orang terdekatmu, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *