Pesan Hari Diabetes untuk Keluarga Kamu

Teman Sehat, Hari Diabetes Sedunia tahun ini, mengambil tema “Keluarga dan Diabetes”. Kenapa keluarga? Karena keluarga memegang peranan penting dalam penerapan gaya hidup anggota keluarganya.

Sumber: worlddiabetesday.org

Selain itu, menurut IDF (International Diabetes Federation), tujuan dilakukannya kampanya ini yaitu, untuk meningkatkan kesadaran dampak dari diabetes, pemberian tindakan yang tepat untuk mencegah, mengedukasi dan peduli pada penderitanya, yang bisa dimulai dari keluarga. Apa aja sih pesan yang bisa diberikan ke keluarga kamu? So, let’s check it out!

Diabetes

Merupakan kondisi kronis, saat gula di dalam darah berada dalam jumlah yang tinggi, karena ngga bisa dinetralisir oleh hormon insulin. Hal ini bisa terjadi, karena terdapat kerusakan fungsi pada hormon insulin.

Ada dua tipe dibetes yaitu tipe 1 dan tipe 2. Salah satu penyebabnya adalah pola makan dan gaya hidup. Pada tipe 2, hormon insulin udah ngga mampu buat menurukan kadar gula di dalam darah, sehingga perlu penangan khusus karena bisa menyebabkan komplikasi dengan penyakit lain.

Diabetes yang mendunia

Kamu tau ngga? Ternyata prevalensi penyakit ini di dunia, masih tinggi, loh! Berdasarkan data dari IDF pada tahun 2017, prevalensi tertinggi pada umur 20-79 tahun, sebesar 11,0% di wilayah Utara Amerika dan Karibian. Sedangkan Indonesia yang berada di wilayah Pasifik Barat, prevalensinya 8,6% atau diposisi ke 4.

Tapi, sayangnya Indonesia masuk ke 10 besar jumlah penderita penyakit ini di dunia, dengan jumlah sebanyak 10,3 juta atau menduduki peringkat ke-6. Berdasarkan data dari IDF pada tahun 2017, wilayah Pasifik Barat juga termasuk wilyah dengan jumlah kematian tertinggi (1,3 juta) yang disebabkan oleh diabetes.

Sebagian besar penderita penyakit ini (30-80%), tidak menyadari kalau dirinya terdiagnosa, sehingga menyebabkan penanganan yang lambat. Indonesia sendiri, menurut IDF menduduki peringkat ke-4 dengan jumlah 7,6 juta penderita yang ngga mengetahui diagnosa penyakit ini. Jika dibiarkan, maka jumlah prevalensi penderita dan kematian yang disebabkannya akan meningkat.

4 pesan untuk keluarga kamu

  • Perlunya edukasi

Ternyata, lebih dari 425 juta orang hidup dengan penyakit ini, loh! Tipe 2, merupakan salah satu penyakit yang perlu perhatian dan tindakan khusus. Penyakit tipe ini, bisa menyebabkan komplikasi dengan penyakit lain, sehingga bisa menjadi salah satu penyebab kematian. Edukasi terkait penyebab, pencegahan, dan gaya hidup yang sehat, bisa menjadi salah satu tindakan pencegahan agar anggota keluarga kamu terhindar dari penyakit ini.

  • Cek kesehatan

1 dari 2 orang ngga sadar kalau dirinya terdiagnosa penyakit ini. Oleh karena itu, dengan melakukan pengecekan kesehatan secara berkala dan lebih awal, yang akan membantu mendeteksi penyakit ini lebih awal dan meminimalisir tekena penyakit ini. Tapi, kamu perlu waspada jika keluarga memiliki riwayat diabetes.

  • Jangan ‘buang’ tabunganmu

Di berbagai negara, harga untuk injeksi insulin dan perawatan pengobatan ini bisa menghabiskan anggaran kesehatan dan tabungan kamu. Nah, karena itu penting buat kamu sekeluarga memperhatikan deteksi awal penyakit ini, agar tabungan kesehatan kamu tetap terjaga.

  • Ikuti program edukasinya

Salah satu anggota keluarga kamu, perlu buat mengikuti edukasi penyakit ini, loh. Agar ada salah seorang yang mengerti dan bisa mengajaran kepada anggota keluarga lainnya gejala, cara pencegahan dan penanganan anggota keluarga yang terkena penyakit ini.

Nah, teman Sehat kamu udah tau kan sekarang pentingnya mendeteksi dini penyakit ini? Ingat loh, penyakit ini ngga cuma menyerang orang dewasa atau lansia, tapi anak-anak, remaja dan dewasa muda pun bisa. Yuk, jaga pola makan, gaya hidup dan jangan lupa lakukan aktivitas fisik, ya!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *