Yuk, Pilih Opsi-Opsi Hidup Sehat agar Terhindar dari Diabetes!

Halo Teman Sehat! Punya umur panjang serta ditunjang dengan jiwa dan raga yang sehat tentunya menjadi impian setiap orang di masa tuanya. Tapi, untuk mencapai hal tersebut ternyata ngga semudah membalik telapak tangan. Butuh upaya-upaya pencegahan sedini mungkin sehingga masa tua Teman Sehat jauh dari penyakit.

Diabetes merupakan tantangan kesehatan tersendiri bagi banyak negara termasuk Indonesia. Organisasi kesehatan dunia (WHO, 2014) mencatat 422 juta orang diseluruh dunia menderita diabetes.

Tanpa disadari banyak sekali kebiasaan sehari-hari kita yang bisa meningkatkan risiko diabetes. Gimana sih supaya terhindar? Yuk, simak opsi-opsi sederhana nan aplikatif berikut!

1. Makan mie tanpa nasi

Makan mie plus nasi merupakan hal yang biasa dijumpai di masyarakat. Ternyata, kebiasaan ini merupakan sesuatu yang buruk loh! Kenapa? Kalau Teman Sehat rajin membaca infromasi gizi di belakang bungkus mie, maka bisa diketahui bahwa mie instant sangat tinggi kalori dan sebagian besar kalori tersebut bersumber dari karbohidrat. Nah, jika ditambahkan dengan nasi maka jumlah karbohidratnya akan berlipat-lipat dan hal ini lah yang menjadi faktor risiko peningkatan kadar gula darah.

Agar tetap sehat, makanlah mie instant tanpa nasi. Teman Sehat juga bisa menambahkan sumber protein seperti telur serta sayur-sayuran.

2. Yuk, naik tangga aja!

Aktivitas fisik merupakan salah satu poin penting dalam pencegahan obesitas dan diabetes. WHO merekomendasikan kelompok umur dewasa untuk melakukan aktivitas fisik moderat setidaknya 150 menit dalam seminggu. Aktivitas fisik ngga sebatas olahraga aja, berkebun, menyapu, jalan kaki, dan aktivitas yang melibatkan pergerakan anggota tubuh juga termasuk aktivitas fisik. Nah, ketimbang naik lift alangkah baiknya Teman Sehat naik tangga aja!

3. Ngemil? Buah aja!

Selain memperhatikan jenis dan jumlah makanan utama, Teman Sehat juga perlu memperhatikan jenis camilan yang dikonsumsi. Jangan asal ngemil ya karena bisa mempengaruhi kesehatan tubuh! Camilan seperti biskuit, minuman manis, kripik-kripik, dan jenis camilan ringan lainnya sangat tinggi kalori, pemanis, dan natrium. Nah, Teman Sehat bisa memilih buat yang kaya serat, vitamin, dan mineral sebagai opsi camilan sehat.

4. Yuk main di luar!

Di tengah kemajuan teknologi, sayangnya hal ini berdampak buruk pada menurunnya aktivitas fisik. Ketimbang melakukan aktivitas di luar, kebanyakan orang cenderung menghabiskan waktu di depan gadget nya sehingga aktivitas fisik pun menjadi sangat rendah. Nah, hal inilah yang memicu obesitas dan peningkatan risiko diabetes. Melakukan aktivitas outdoor adalah salah satu solusi terbaik untuk membuat anak menjadi aktif.

5. Cek gula darah secara rutin

Bagi Teman Sehat yang memiliki riwayat keluarga menderita diabetes, mengecek gula darah secara rutin sudah seharusnya masuk dalam to do list. Dengan mengetahui perkembangan nilai gula darah, kita bisa melakukan pencegahan sedini mungkin. Ataupun, jika ngga punya riwayat keluarga menderita diabetes, ngga ada salahnya Teman Sehat melakukan kebiasaan sehat yang satu ini.

Nah, itulah lima opsi yang bisa Teman Sehat pilih agar terhindar dari diabetes. Jangan lupa diaplikasikan ya!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *