Cegah Penuaan Dini dengan Teh Putih

Pernahkah Sahabat Sehat minum teh putih? Bukan sekadar minuman, white tea dikenal sebagai minuman pencegah penuaan dini. Teh jenis ini dibuat dari daun teh yang dipetik saat daun dan pucuknya belum mekar.

Di dalamnya terkandung polifenol bernama katekin yang bermanfaat sebagai antioksidan dan mampu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, termasuk penuaan dini. Rasa dan aroma white tea ini juga unik karena lebih manis dibandingkan teh hitam dan teh hijau.

manfaat teh putih untuk kecantikan
Foto: Freepik.com

Manfaat Teh Putih

Teh putih memang melewati proses pengolahan paling minim. Oleh karena itu, kandungan antioksidannya paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Berkaitan dengan khasiatnya yang mencegah penuaan dini, white tea mampu melawan efek radikal bebas dan mencegah kerutan dini.

Melawan Efek Radikal Bebas

Radikal bebas adalah senyawa berbahaya yang menyebabkan berbagai penyakit untuk tubuh. Penuaan dini adalah salah satu risikonya. Teh putih yang mengandung polifenol yaitu katekin mampu menjadi sumber antioksidan yang efektif guna menangkal berbagai risiko radikal bebas.

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Inflammation, katekin yang terkandung di dalam teh putih mampu membantu melawan radikal bebas. Dengan khasiatnya yang ampuh ini, penuaan dini akibat radikal bebas dapat dicegah sebelum menimbulkan berbagai tanda penuaan.

Mencegah Kerutan Dini

Salah satu tanda penuaan dini adalah munculnya kerutan atau garis halus di wajah. Munculnya kerutan dini ini dapat dicegah dengan mengonsumsi teh putih. Proses alami berupa penuaan ini dapat diperlambat dengan meminum teh putih. Kerusakan jaringan kulit akibat sinar ultraviolet dari sinar matahari bisa dicegah, sehingga kulit tetap kencang dan terbebas dari kerutan.

teh putih untuk kesehatan kulit
Foto: Freepik.com

Cara Mengonsumsi Teh Putih

Bagaimana cara mengonsumsi teh putih dan memperoleh manfaatnya secara efektif? Cara membuatnya adalah dengan menuangkan air hangat bersuhu 76-85°C ke dalam cangkir dan biarkan selama 1 menit. Kemudian tambahkan sekitar 2 gram daun teh putih ke dalam cangkir tersebut dan diamkan selama 5-8 menit atau sesuai selera. Berikutnya, saring dan tuang teh putih ke cangkir lain. Kamu bisa juga menambahkan gula atau pemanis sesuai selera. Teh putih  pun telah siap untuk dinikmati.

Sahabat Sehat, menjadikan minum teh putih sebagai rutinitas merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mencegah penuaan dini. Sahabat Sehat dapat merasakan manfaatnya setelah beberapa lama mengonsumsinya. Namun, sebaiknya cukup konsumsi sebanyak 2 hingga 4 cangkir saja per hari, karena bila dikonsumsi berlebihan dapat memicu efek samping.

Meskipun jumlahnya tidak sebanyak teh hitam, kandungan kafein dalam teh putih tetap bisa meningkatkan risiko insomnia, gelisah, pusing, gugup, dan gangguan saraf pusat jika dikonsumsi berlebihan. Senyawa flavonoid yang terkandung di dalamnya juga mampu mengikat zat besi non-heme, sehingga akan mengurangi penyerapannya di dalam tubuh.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Alodokter.com. 5 Manfaat Teh Putih untuk Kesehatan Tubuh. https://www.alodokter.com/manfaat-teh-putih-dan-cara-menyajikannya. Diakses pada 1 Januari 2023.

Andini, Widya Citra. 2020. 8 Manfaat Melimpah Teh Putih untuk Kesehatan Tubuh Anda. https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-teh-putih-untuk-tubuh/. Diakses pada 1 Januari 2023.

Djie, Anita. 2022. Kaya akan Antioksidan, Ini 10 Manfaat Teh Putih. https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-teh-putih. Diakses pada 1 Januari 2023.

Putri, Devia Irine. 2022. Cegah Kerutan Dini dengan White Tea. https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/cegah-kerutan-dini-dengan-white-tea. Diakses pada 1 Januari 2023.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.