5 Potensi Pangan Lokal Hits di Boyolali

boyolali

Halo Teman Sehat! Boyolali patut berbangga nih karena menjadi tuan rumah peringatan Hari Pangan Sedunia 2016.

Setelah tahun lalu Hari Pangan Sedunia sukses dirayakan di Palembang, kali ini giliran Boyolali untuk unjuk gigi. Rasanya ngga afdol kalau Teman Sehat ngga kenal dengan potensi pertanian di Boyolali ya? Check it out!

1. Singkong

singkong-1

Pernahkah teman sehat mendengar lagu “Tongkat kayu pun jadi tanaman?” Tanaman ini pun bisa tumbuh dengan cara menancapkan batang di tanah alias stek. Selain mudah untuk dibudidayakan, ternyata singkong menyimpan khasiat. Selain tinggi serat, singkong juga mengandung vitamin dan mineral loh Teman Sehat. Serat ini akan membantu dalam melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit, yang otomatis akan mencegah penyakit kanker usus besar.

2. Jahe

jahe

Tanaman ini masuk ke dalam golongan rempah. Jahe banyak dimanfaatkan di Indonesia. Teman Sehat bisa menambahkan jahe sebagai peningkat aroma pada makanan. Jahe juga bisa diolah sebagai wedhang yang bisa menghangatkan tubuh. Senyawa gingerol pada jahe memberikan rasa pedas sekaligus berfungsi sebagai antioksidan alami dan mencegah penggumpalan darah.

3. Pisang

pisang

Boyolali punya pisang sebagai produk unggulan holtikultura. Buah pisang dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat, vitamin, dan mineral. Kandungan serat pada daging buah juga digunakan untuk melancarkan pencernaan. Bukan cuma buahnya, bunga pisang alias ontong bisa diolah menjadi sayuran, loh.

4. Teh

tea-1560395_640

Konsumsi teh sudah menjadi hal umum di Indonesia. Teman Sehat tentu tau bahwa teh memberikan efek kesegaran bagi tubuh. Ternyata karena kandungan alkaloid polifenol dan polifenolnya, loh. Sedangkan komponen fenolik pada teh merupakan antioksidan yang berfungsi mencegah penyakit kanker. Teh juga mengandung mineral fluoride yang berfungsi memperkuat struktur gigi. Waw! Keren, kan?

5. Kedelai

soybeans-182294_640

Kalau menyebut kedelai pasti teman sehat akan mengingat 2 makanan lain. Yap! Tempe dan tahu. Kedelai menyimpan banyak manfaat loh walaupun hanya diolah dengan direbus. Kandungan lemak tidak jenuh yang tinggi yaitu linoleat dan linolenat dipercaya dalam menjaga kesehatan jantung. Kandungan protein kedelai mudah dicerna di tubuh apalagi jika diolah sebagai tempe dan tahu.

Gimana pendapatmu, kece kan Boyolali ini? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *