3 Bahan Alami Mengawetkan Daging Kurban

Teman Sehat, momen Hari Raya Idul Adha tentunya, menjadi salah satu momen yang ditunggu tunggu banyak. Selain berkumpul bersama dan memaknai ibadah yang dilakukan, momen makan daging bersama adalah salah satu yang ditunggu. Tapi, apakah seluruh daging akan dimasak pada hari itu? Nah, agar ngga mubazir, kamu bisa mengawetkan daging dengan 3 bahan alami ini. Let’s check it out!

1. Daun salam

Tahukah kamu, selain digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata daun salam juga bermanfaat sebagai pengawet alami, loh! Kandungan zat flavonoid, minyak atsiri, dan tannin di dalam daun salam, berperan sebagai zat anti bakteri.

Zat ini bisa menghambat bakteri pembusuk berkembang, sehingga membuat daging masih segar. Oleh karena itu, pemberian ektrsak daun salam sebagai pengawet alami berpengaruh baik, loh terhadap daya tahan daging.

2. Madu

Metode lainnya yang dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri adalah metode marinasi. Marinasi merupakan proses perendaman daging ke dalam bahan marinade (cairan berbumbu), sebelum diolah lebih lanjut, salah satu bahannya yaitu madu.

Madu digunakan sebagai bahan marinasi karena terkandung zat antibakteri yang bisa menghambat pertumbuhannya. Selain kandungan zat antibakteri, kemampuan menghambat pertumbuhan ini dikarenakan kadar gula yang tinggi pada madu. Madu juga mengandung asam organik seperti asam asetat, asam butirat, format, suksinat, malat, sitrat dan piruvat yang bisa menghambat pertumbuhannya.

3. Rempah

Siapa yang ngga tahu khasiat dari bahan-bahan yang satu ini? Yap, selain memperkaya rasa masakan, rempah-rempah seperti lengkuas, kunyit, dan jahe juga bisa mengawetkan dagin, loh! Berdasarkan studi yang dilakukan, rempah-rempah ini mengandung zat anti bakteri yang berpotensi untuk dijadikan sebagai pengawet alami.

Lengkuas dan jahe mengandung minyak atsiri, sedangkan kunyit, mengandung senyawa yang berperan sebagai zat anti bakteri yaitu kurkumin, desmetoksikumin, dan bidestometoksikumin.

Nah, sekarang kamu ngga perlu bingung lagi saat mengawetkan daging seperti kata pepatah “banyak jalan menuju Roma”. Ternyata banyak sekali bahan alami yang bisa kamu coba untuk mengawetkan daging di rumah. Selamat mencoba!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *