5 Hal Ini Akan Buat Cuci Tangan Kamu Jadi Sia-sia

hari cuci tangan

Halo Teman Sehat! Tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia loh. Ternyata, cuci tangan yang salah bisa membuat kamu rentan terhadap kuman penyakit. Pastikan kamu nggak memlakukan kesalahan cuci tangan kayak gini nih!.

  1. Kurang lama cuci tangan

Sebuah studi Michigan State University baru-baru ini menemukan bahwa 95% orang nggak mencuci tangan cukup lama untuk secara efektif membunuh kuman.

Cuci tangan yang benar senggaknya dilakukan selama 20 detik, mulai dari membasuh dengan air sampai mengeringkan. Ternyata rata-rata kita hanya mencuci tangan selama 6 detik!. Hmmm, kalau kamu berapa?

  1. Melewatkan menggosok sela jari dan bawah kuku

cuci-tangan-2

Cuci tangan bukan cuma pada telapak tangan loh. Kuman penyakit ternyata terkonsentrasi juga di sela-sela jari dan bawah kuku. Dua tempat itu yang jarang banget jadi fokus kita pas kita cuci tangan kan?. So, sehabis baca artikel ini pastikan saat cuci tangan, gosok juga bagian sela jari dan bawah kuku ya!.

  1. Nggak mengeringkan dengan benar

blower

Iya sih sabuh dan air bisa membasmi kuman penyakit, tapi kalau lap-nya kotor? Sami mawon! (aka. sama aja!). Blower adalah pilihan terbaik untuk mengeringkan tangan selepas cuci tangan. Kalau nggak ada karena terlalu mahal, tisu kertas sekali pakai dan lap kering-bersih berada di urutan selanjutnya.

  1. Cuci tangan hanya setelah dari kamar mandi

tombol

Setiap kali kamu pegang uang kertas, tombol lift, gagang pintu, setang motor, dan barang-barang yang dipegang berganti lainnya, berarti tangan kamu punya risiko untuk menjadi habitat kuman penyakit. Semakin sering cuci tangan (dengan benar), semakin kecil kemungkinan kamu menyandang penyakit, Teman Sehat!

  1. Maksain pake air hangat

Ternyata nggak juga. Mau pakai air hangat atau dingin, kemampuan untuk melarutkan sabun (yang membunuh kuman penyakit) adalah sama. Kalau emang mau membunuh kuman penyakit dengan air, maka suhu yang digunakan ya suhu air mendidih. Tapi jelas, bukan cuma kuman yang terbunuh, tangan pun lepuh.

Nah, udah tau kan gimana caranya cuci tangan dengan benar!. Harusnya dengan semakin pentingnya cuci tangan, semakin banyak ditemukan tempat cuci tangan di lingkungan kita. Kalau di tempat kamu, banyak nggak? sampaikan di kolom komentar ya.

Selamat Hari Cuci Tangan Sedunia, Teman Sehat!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *