Radiologi: Yuk, Lihat Gambaran Jantung Kamu!

Teman Sehat, kamu tau ngga sih? Hari ini diperingati sebagai Hari Radiologi Sedunia, loh! Yap, radiologi merupakan salah satu sarana penunjang medis, yang diberikan dalam bentuk pemeriksaan menggunakan sinar sehingga menghasilkan gambaran atau foto organ tubuh kamu.

Nah, tahun ini tema yang dibahas adalah Cardiac Imaging atau Penggambaran Jantung. Apa ya, alasan tema ini di ambil dan alasan adanya perayaan ini. Yuk, simak penjelasannya di sini!

Hari ditemukannya rontgen

Yap, tepat pada tanggal 8 November 1895, Wilhem Conrad Rontgen, seorang peneliti asal Jerman, menemukan metode yang cocok untuk mengetahui gambaran organ di dalam tubuh. Saat sedang melakukan penelitian menggunakan semua cahaya dan plat untuk menangkap gambarnya, Rontgen tertarik untuk menggunakan plat untuk fotografi sebagai objek penangkap gambarnya dan mengganti cahaya yang digunakan dengan cahaya yang belum diketahui namanya dengan sebutan X-ray.

Menggunakan tangan istrinya sebagai objek untuk diambil gambarnya, Rontgen berhasil mengambil gambar tangan istrinya. Gambar yang tertangkap adalah gambaran tulang tangan istrinya dan cincin yang digunakannya. Gambar ini merupakan hasil radiologi pertama yang diambil dan sekaligus mematenkan hasil penemuannya. Sejak saat itulah, setiap tanggal 8 November dijadikan Hari Radiologi Sedunia.

Kenapa jantung?

Tahun ini, tema yang diambil adalah Radiologi sebagai penggambaran jantung. Kamu tau ngga, ternyata menurut WHO, prevalensi kematian akibat Kardiovaskular sebesar 31% atau 17,9 juta di dunia.

Nah, karena itulah dibutuhkan cara agar seseorang yang berisiko dan sudah terkena penyakit ini, bisa melakukan pencegahan, diagnosa, dan pernanganan lebih lanjut sesuai dengan hasil yang diberikan. Semakin detail dan banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui gambaran yang terjadi pada jantung, maka akan memudahkan tim medis untuk menyelamatkan nyawa pasiennya.

Penggambaran jantung dengan radiologi

Kamu pernah ngga dengar pemeriksaan cardiac CT dan MRI? Yap, keduanya merupakan metode penggambaran jantung secara radiologi. Apa sih, beda keduanya? Kalau CT atau Computed Tomoghraphy merupakan alat yang digunakan untuk mengetahui gambaran di dalam tubuh dari sudut terkecil menggunakan sinar-X.

Jika digunakan pada organ jantung, akan membantu dalam mendiagnosa penyebab sakit pada organ yang sudah diketahui titik evaluasinya. Selain itu, cardiac CT juga membantu dokter untuk merujuk penyebab penyakit yang harus ditangani lebiyh lanjut. Sedangkan cardiac MRI atau Magnetic Resonance Imaging, sama dengan CT tapi menggunakan medan magnet yang besar dan frekuensi gelombang radio.

Bedanya dengan CT, MRI selalu digunakan untuk mengetahui morfologi jantung dan karakteristik jaringan yang akan membantu deteksi karakteristik cardiomyopathies, penyakit jantung bawaan, perbedaan bekas luka (scar) pada jaringan, dan evaluasi dari gangguan pada katup jantung.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang Hari Radiologi Sedunia. Yuk, rayakan hari ini dengan membagian informasi radiologi ke seluruh Teman Sehat! Jangan lupa beri komentar di bawah ini, ya!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *