5 Tips Menjaga Kesehatan saat Musim Pancaroba!

Halo, Teman Sehat! Gimana kabar kamu hari ini? Semoga tetap sehat dan semangat ya! Di musim pancaroba ini, yang diperkirakan akan berlangsung selama bulan Oktober – November 2018, menyebabkan perubahan cuaca, kelembapan, dan suhu yang cukup ekstrem. Siang hari yang terik, bisa berganti menjadi sore hari yang dilanda hujan deras bahkan berangin kencang

Kondisi inilah yang membuat tubuh kamu mudah terserang penyakit, kalau ngga siap menghadapinya. Menurut Pusat Krisis Kemenkes, perubahan suhu dan cuaca dari kering ke basah (musim panas ke hujan) membuat tubuh harus beradaptasi kembali dengan suhu yang ada. Jika kekebalan tubuh lemah, maka bakteri dan virus jahat akan mudah menyerang, sehingga kamu mudah terserang penyakit.

Untuk menghadapi musim peralihan ini, yuk lakukan 5 tips berikut, supaya kamu tetap fit disegala aktivitas. Let’s check it out!

1. Bawa peralatan ‘siap hujan’

Yap, saat musim pancaroba, cuaca yang diperkirakan kadang ngga sesuai dengan yang terjadi. Nah, ngga ada salahnya buat kamu membawa peralatan ‘siap hujan’ seperti payung, jaket dengan hoodie, sepatu anti air dan jas hujan plastik. Beberapa peralatan ini, bisa kamu bawa di dalam tas dan disimpan di tempat kerja, agar kamu siap menghadapi musim pancaroba dan mengurangi kemungkinan terserang penyakit.

2. Konsumsi vitamin

Cuaca yang ngga menentu, terkadang membuat kondisi tubuh kamu mudah menurun, sehingga mudah terserang penyakit seperti flu atau batuk. Nah, untuk mecegah gejala flu dan batuk yang timbul, kamu bisa mengonsumsi vitamin C dalam bentuk bahan pangan (jeruk, tomat, dan sebagainya) atau tablet tambahan vitamin C.

Kenapa? Karena menurut Siswanto dari Badan litbang Kesehatan, vitamin C memiliki hubungan yang erat dengan sistem imun, yaitu sebagai antioksidan. Vitamin C akan memelihara sel tubuh (termasuk sel imun) agar terlindung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Jika kamu membutuhkan efek antioksidan yang optimal untuk menjaga kesehatan, boleh mengonsumsi vitamin C sebanyak 500-1000 mg/hari.

3. Perbanyak minum air

Ternyata minum air bisa membuang kuman yang ada di tubuh kamu, loh! Yap, hal ini dikarenakan saat kamu minum, selain memenuhi kebutuhan cairan di tubuh, air juga akan membawa bakteri dan virus jahat keluar dari tubuh melalui urin. Tapi, hal ini ngga bisa dilakukan langsung sekaligus ya, kamu harus mengikuti standar yang ditentukan yaitu minum 8 gelas per hari.

4. Konsumsi makanan yang sehat

Siapa yang bisa menghidar dari goodaan gorengan dan minuman dingin di siang hari? Mulai sekarang, kamu harus mengurangi konsumsi kedua makanan ini, ya! Di musim pancaroba ini, kalau ngga memperhatikan asupan makanan, kamu akan mudah terkena penyakit seperti, batuk, radang atau flu. Gantilah camilan kamu dengan yang lebih sehat seperti buah potong, salad, jus atau makanan yang rendah minyak dan gula. Konsumsi bahan pangan kaya antioksidan, akan mencegah kamu dari gejala penyakit.

5. Jaga kebersihan

Cucilah tangan kamu sebelum makan dan menyentuh area tubuh lainnya seperti muka. Selama musim hujan, bakteri dan virus berkembang dengan pesat, terutama yang berhubungan dengan penyakit batuk dan flu. Jika kamu merasa udara disekitar kurang baik, maka gunakanlah masker untuk menghindari penularan virus dan bakterinya.

Nah, sekarang kamu udah tau kan? Apa aja yang harus kamu siapkan dalam menghadapi musim pancaroba? Yuk, lakukan 5 tips ini di rumah, Teman Sehat! Jangan lupa ya, berikan komentar di bawah ini, setelah kamu mecobanya!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *