Rilis Stres dengan Breathing Exercises!

Sahabat Sehat, kamu pernah ngga sih mengambil napas dalam-dalam saat merasa emosi atau tertekan? Pernah ngga, apakah kamu tahu alasan mengapa mengambil napas dalam-dalam bisa membantu menstabilkan emosi dan perasaan? Apakah kamu pernah mengamati, apa yang tubuh rasakan setelah melakukan pengambilan napas dalam-dalam?

Foto: Freepik.com

Ambil napas dalam-dalam dengan stres, apa hubungannya?

Ternyata, mengambil napas dalam-dalam merupakan salah satu cara manajemen stres, loh! Saat kamu mengambil napas dalam-dalam, secara otomatis bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Mengapa demikian? Saat kamu mengambil napas dengan dalam, akan terjadi pengiriman sinyal perintah ke otak untuk bersikap lebih tenang dan rileks.

Selanjutnya, otak mengirimkan pesan ke tubuh. Beberapa hal yang terkontrol akibat kondisi tersebut diantaranya yaitu penurunan detak jantung, pernapasan mulai kembali stabil, hingga penurunan tekanan darah.

breathing exercise
Foto: Freepik.com

Kegiatan pengambilan napas ini disebut dengan breathing exercise. Menambahkan breathing exercise ke dalam rutinitas harianmu bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan. Kamu justru akan lebih mudah untuk mengontrol emosi, stres, serta membantu tubuh untuk menstabilkan tekanan darah, menarik bukan? Ini dia beberapa ide yang dapat kamu lakukan untuk memulai breathing exercise:

  1. Kamu bisa memulai breathing exercise dengan menyediakan waktu 5 menit setiap hari dan bisa ditingkatkan jika sudah lebih mudah dan lebih nyaman dalam melaksanakannya.
  2. Jika 5 menit masih terlalu lama untukmu, maka kamu bisa memulainya dengan 2 menit saja.
  3. Kegiatan ini perlu kamu lakukan berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kamu bisa menjadwalkan kegiatan ini menjadi kegiatan rutin, loh!
  4. Kamu juga perlu menentukan lokasi yang nyaman untuk melakukan latihan ini ya, bisa di tempat tidur, ruang tamu, atau di kursi yang nyaman saat kamu berada di kantor.
  5. Jangan merasa terbebani dengan latihan ini, karena itu justru akan memunculkan stres baru.
  6. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang nyaman.

Abdominal breathing (roll breathing)

Abdominal breathing merupakan salah satu jenis breathing exercise yang bisa kamu lakukan dengan mudah, loh! Abdominal breathing atau pernapasan perut bertujuan untuk mengembangkan penggunaan paru-paru secara penuh dan berkaitan dengan ritme pernapasan. Latihan ini baik dilakukan dengan posisi berbaring telentang dengan lutut ditekuk, meskipun bisa dilakukan dalam posisi lainnya.

Latihan ini dapat dimulai dengan meletakkan tangan kiri di perut dan tangan kanan di bagian dada. Amati pergerakan tangan saat kamu melakukan pernapasan! Tariklah napas dengan perut bagian bawah, hingga tangan kiri terangkat ke atas, dan tangan kanan tetap pada posisinya. Biasakan menarik napas melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut. Maka, saat napas di buang tangan kiri akan perlahan turun.

breathing exercise
Foto: Freepik.com

Pernapasan ini dilakukan sebanyak 8 kali. Selanjutnya, kamu lanjutkan 2 kali latihan pernapasan dengan cara menarik napas melalui perut bawah seperti sebelumnya dan dilanjutkan dengan menarik napas ke dada bagian atas, sehingga tangan kanan naik, diikuti dengan penurunan tangan kiri secara perlahan saat perut mulai turun.

Kamu perlu merasakan terlepasnya rasa stres dan ketegangan dalam tubuh saat mulai membuang napas, sehingga tubuh akan terasa lebih ringan. Latihan ini bisa kamu lakukan 3 – 5 menit. Jika kamu merasa pusing di awal latihan, maka lakukan pernapasan dengan perlahan dan lebih lambat.

Mudah bukan melakukan breathing exercise! Yuk, mulai latihan ini untuk melepas stres yang bisa memicu berbagai macam gangguan kesehatan. Salam Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.