Yuk Simak Tips Ampuh Kontrol Emosi Diri!

Halo Teman Sehat! pernah ngga, sih, kamu berada dikondisi yang sangat buruk sehingga ngga bisa kontrol emosi? Merasa semua kegagalan diciptakan cuma untuk kamu, atau kamu pernah ngga merasa bahagia yang begitu meletup-letup hingga tanpa sadar kamu meneteskan air mata?

Rasa sedih, cemas, takut, marah, bahagia, tenang merupakan sebagian kecil bentuk emosi yang setiap hari kamu rasakan. Terkadang emosi yang kamu rasakan begitu kuat sehingga tanpa sadar telah menguasai pikiran kamu. Pada kenyataannya, semua emosi yang datang bisa kamu kendalikan dengan baik asal kamu tau tipsnya. Yuk simak ulasan berikut ini!

Emosi itu apa, sih?

Emosi udah dimiliki manusia sejak manusia lahir kedunia. Saat bayi manusia hanya bisa mengartikan dua emosi aja ; sedih dan senang. Seiring bertambahnya usia, emosi yang dimiliki semakin beragam, sedih, senang, marah, kecewa dan masih banyak lagi. Dalam bahasa Latin emosi artinya “move out” atau bergerak keluar. Sedangkan dalam bahasa Inggris emosi (emotion) merupakan gabungan dari e untuk energy (energi) dan motion (pergerakkan), sehingga emosi memiliki arti menggerakkan diri dalam berbagai situasi.

Bagaimana proses seseorang mengalami suatu emosi?

Ketika seseorang akan mengalami sebuah emosi, terdapat 3 proses yang harus dilaluinya, yaitu ; sensasi tubuh, sensasi yang dimaknai, dan respon-respon adaptif. Sensasi tubuh terjadi dengan melibatkan perubahan fisiologis pada tubuh orang tersebut, seperti pikiran dan jasmani, sehingga emosi ini masih bisa dikontrolnya.

Kedua, sensasi yang dimaknai, merupakan emosi yang terjadi akibat dari persepsi dan apa yang kamu pikirkan. Ketiga, respon-respon adaptif, adalah emosi yang hadir dari hasil penilaian kamu tentang baik atau buruknya sesuatu. Selain itu, emosi juga bisa terjadi akibat pengaruh dari orang lain atau disebut penyalahgunaan emosi. Biasanya orang yang dipengaruhi emosinya ngga menyadari kalo emosinya sedang dipengaruhi.

Bagaimana cara cepat kontrol emosi diri?

Kamu termasuk orang yang mudah emosi? Hal apa yang kamu lakukan untuk mengontrol emosi kamu itu? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan berjalan-jalan santai di alam terbuka, membayangkan suatu objek yang kamu lihat adalah dirimu, misalnya ketika kamu berjalan-jalan santai di kebun, lalu kamu melihat sebuah kupu-kupu yang terbang dari satu bunga ke bunga lainnya.

Kamu membayangkan betapa menyenangkannya jika menjadi kupu-kupu itu. Hal ini ternyata juga baik untuk melatih alam bawah sadar agar lebih rileks, loh!. Penelitian menyatakan emosi dibangun dari alam bawah sadar kamu. Jika ada dua orang yang melihat satu objek yang sama bisa aja mereka memiliki dua penilaian yang berbeda terhadap objek tersebut.

Nah sekarang udah tau kan bagaimana cara mengontrol emosi agar hidup kamu lebih bermakna. Membangun lingkungan yang positif akan menciptakan pikiran yang positif juga. Yuk atur emosi kamu agar hidup yang lebih baik!

Editor& Proofreader: Asiyah Mutmainnah, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *