Selain Atur Pola Makan, Ayo Lakukan Hal Ini Demi Tubuh Ideal!

Nutrition Fun Jogging & Running

Halo Teman Sehat!

Ternyata, ada 32% remaja dan dewasa di Indonesia yang gemuk alias obesitas alias kelebihan lemak.

Banyak banget kan?

Nah, kamu juga pasti tau, kalau punya tubuh gemuk bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit mematikan, misalnya diabetes, jantung koroner, stroke, radang sendi, osteoporosis, hingga kanker. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, semua penyakit ini merupakan penyebab kematian nomor satu di Indonesia loh!

Makanya, ayo kita cegah obesitas dari sekarang! Mewujudkan gizi baik dan hidup sehat ngga cukup hanya dengan mengatur makanan aja seperti pesan slogan gizi masa lalu “Empat Sehat Lima Sempurna” loh. Kamu juga perlu pengaturan minum yang baik, olahraga atau aktivitas fisik yang teratur dan terukur, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Tapi, tau ngga sih? Sedihnya, Kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa hanya 53% penduduk Indonesia yang melakukan aktivitas fisik/olahraga dan sebagian besar diantaranya itu hanya kategori ringan.

Artinya masih banyak penduduk Indonesia yang belum aktivitas fisik/olahraga yang memadai untuk mencegah obesitas.

Hal itu disampaikan Prof. Dr. Hardinsyah, MS, Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia pada sambutan pembukaan kegiatan Nutrition Fun Jogging and Running (NFJR) 2016 yang diselenggarakan oleh PERGIZI PANGAN Indonesia minggu pagi 30 Oktober 2016 di Kampus IPB Baranangsiang.

Ada yang unik dari kegiatan ini. Biasanya, PERGIZI PANGAN Indonesia lebih sering menyelenggarakan pertemuan ilmiah gizi dan edukasi gizi seperti seminar, simposium, dan lain-lain. Tapi, kali ini NFJR diselenggarakan karena sesuai dengan tren hidup sehat dan tema Hari Kesehatan Nasional tahun 2016, yaitu “Masyarakat Hidup Sehat Indonesia Kuat”. Selain itu, NFJR juga ingin mempromosikan bahwa gizi seimbang itu bukan hanya tentang makanan, tetapi juga tentang minuman, kebersihan, dan aktivitas fisik sesuai Permenkes nomor 41/2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang.

Menurut Ketua Panitia NFJR 2016, Angga Rizqiawan S.Gz, tujuan kegiatan ini adalah untuk menyampaikan pesan-pesan gizi seimbang dan pentingnya olahraga yang dapat dilakukan dengan cara sederhana. Acara diikuti oleh 2200 peserta dari Jawa Barat, Jakarta dan Banten serta melibatkan 150 panitia.

Peserta jogging menempuh jarak sepanjang 3.75 km, sementara peserta running menempuh jarak 10 km. Selain itu, NFJR ini juga menyediakan kegiatan sarapan bersama, aerobik, parade, pameran, permainan gizi ceria disertai pesan gizi baik lisan maupun tertulis. Hal lain yang ngga kalah seru adalah adanya kegiatan cek status lemak, otot, mineral dan air tubuh; cek tekanan darah, gula darah dan kolesterol tubuh disertai konsultasi gizi dan kesehatan.

Acara ini diselenggarakan oleh PERGIZI PANGAN Indonesia bekerjasama dengan Departemen Gizi FEMA IPB, Asosiasi Nutrisionis Kebugaran dan Olahraga Indonesia (ANOKI), Lini Sehat, Forum Gizi dan Kesehatan Indonesia (ForGizi), Gizi Kebugaran, Pemda Kota Bogor, dan PERSAGI Bogor.

sponsor-2-2

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *