Simak 4 Tips Mengolah Tempe yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

Halo Teman Sehat! Sebagai orang Indonesia, kita wajib bangga karena tempe jadi warisan budaya Indonesia yang diakui dunia. Yap, bukan hanya warga Indonesia, tempe banyak diminati oleh warga mancanegara juga loh, Teman Sehat! Buat kamu pecinta tempe, simak tips mengolah tempe yang mungkin belum kamu ketahui!

Tempe adalah produk olahan kacang kedelai yang diproses menggunakan bakteri Rhizopus sp. Ternyata, pemprosesan tempe menjadikan tenpe lebih mudah dicerna dan punya manfaat yang lebih banyak dibandingkan bahan dasarnya, Teman Sehat. Selain rasanya yang enak banget, tempe jadi sumber protein nabati yang punya banyak zat gizi, loh Teman Sehat. Nah, supaya zat gizi tempe bisa kamu dapetin secara maksimal, yuk simak tips mengolahnya!

Tips Singkat Mengolah Tempe

1. Kukus atau rebus terlebih dahulu

Terkadang, tempe memiliki rasa sedikit pahit dan ini bisa dihilangkan dengan pengukusan atau perebusan. Selain itu, temoe juga bisa jadi lebih lembut dan lebih gampang menyerap bumbu loh, Teman Sehat!

Kamu bisa kukus tempe selama 10-15 menit atau merebus tempe berapi sedang dengan durasi yang lama.

2. Bentuk tempe sesuai menu

Tempe adalah salah satu bahan pangan yang gampang banget dibentuk sesuai selera kamu. Tempe bisa dipotong, dicincang, dibuat kotak, atau dihancurkan menjadi seperti daging. Biasanya, potongan tempe memanjang bisa dilakukan buat membuat barbecued tempeh, potongan tipis bisa untuk salad atau sandwiches.

3. Melumurinya dengan bumbu dan mendiamkannya

Yap, tempe memiliki aroma dan rasa kekacangan atau nutty flavor. Buat kamu yang mau menurunkan rasa atau aroma yang agak kuat ini, kamu bisa coba melumuri tempe dengan bumbu, Teman Sehat! Kamu bisa melumuri dan mendiamkannya sambil direbus, loh.

Saus kedelai, jus lemon, potongan bawang putih, jahe dan cabai bisa jadi bahannya, Teman Sehat! Biarkan selama 1 jam agar bumbu meresap dan keringkan tempe itu sebelum dimasak.

4. Masak tempe dengan waktu yang tepat

Masaklah tempe dengan tepat supaya kamu bisa merasakan kelezatannya. Kamu bisa panggang tempe pada suhu 350C selama 15-20 menit atau sampai kecoklatan, menggorengnya sampai coklat keemasan dan menumisnya dengan pemanasan sedang sekitar 4 menit.

Di dunia, banyak olahan yang dibuat dari tempe, antara lain:

  • Sandwich tempe
  • Salad Topping
  • Tumis tempe
  • Steak tempe
  • Kari tempe
  • Bakso tempe
  • Tempeh & Turnip Green Soup
  • Saus Bolognese
  • Oat

Nah, itulah tadi tips singkat mengolah temped an contoh berbagai olahan tempe. Jadi kamu mau mengolahnya pakai cara yang mana? Yuk, share di kolom komentar.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *