Mungkinkah Test Pack Positif Tapi Tidak Hamil?

Halo, Teman Sehat! Test pack merupakan alat tes kehamilan mandiri yang paling umum digunakan. Alat ini bekerja dengan cara mendeteksi hormon human chorionic  gonadotropin (hCG) dalam urin dan memiliki tingkat akurasi tinggi. Namun, pernahkah kamu mendengar istilah positif palsu? Yaitu kondisi dimana test pack menunjukkan hasil positif, tapi ternyata ngga ada tanda-tanda kehamilan lebih lanjut. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Chemical pregnancy

Chemical pregnancy atau keguguran dini bisa menjadi penyebab terjadinya positif palsu pada test pack. Chemical pregnancy terjadi ketika sel telur yang sudah dibuahi gagal untuk bertahan dan berkembang sehingga mengakibatkan terjadinya keguguran. Keguguran dini disebabkan oleh berbagai kemungkinan.

Chemical pregenancy

Dikutip dari Heathline, keguguran dini terjadi karena terdapat masalah pada rahim, misalnya ditemukannya fibroid atau mioma. Atau bisa juga karena rendahnya hormon progesteron sehingga embrio ngga tumbuh dengan baik. Faktor genetik merupakan salah satu penyebab masalah pada rahim.

Sisa hormon pasca keguguran

Hasil positif pada test pack dapat menjadi positif palsu

Sisa hCG pasca keguguran juga menjadi penyebab lainnya. Hal ini bisa terjadi karena saat perempuan sedang hamil, produksi hCG terus berlangsung dan meningkat seiring berjalan waktu. Dikutip dari Parents, produksi hCG dalam tubuh akan berhenti ketika kehamilan juga berhenti. Sisa hCG akan berkurang dalam tubuh, tapi prosesnya berlangsung secara perlahan. hCG akan tersisa dalam darah dan air seni hingga enam minggu lamanya setelah kehamilan.

Kesalahan penggunaan test pack

Penggunaan test pack harus sesuai panduan

Positif palsu juga bisa terjadi karena faktor eksternal, seperti kesalahan teknis saat melakukan tes kehamilan. Kesalahan ini merupakan kesalahan yang umum terjadi. Oleh karena itu, penting untuk membaca instruksi penggunaan dari test pack dengan benar. Penting juga untuk melihat apakah kondisi alat masih baik atau ngga.

Pemilihan waktu yang tepat

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan waktu yang tepat. Waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan menggunakan test pack adalah pagi hari setelah bangun tidur. Di waktu pagi, hormon hCG sedang dalam konsentrasi yang tinggi.

Nah, itu dia alasan kemungkinan positif palsu pada test pack. Tapi Anda tak perlu khawatir dengan kemungkinan yang cukup jarang terjadi ini. Ada baiknya segera periksakan ke dokter setelah test pack Anda menunjukkan hasil positif agar kondisi ibu dan janin lebih aman dan dalam pantauan. Jangan lupa bagikan informasi menarik ke orang-orang di sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *