Tingkatkan Kualitas Sperma dengan 6 Makanan Ini!

Kamu, cowok, pasti ingin memiliki kualitas sperma yang baik kan?

Yap! Itu penting banget karena berkaitan dengan kesehatan reproduksi yang baik pula. Setuju kan kamu?

Nah, cobain deh 6 makanan ini yang telah terbukti dapat mendongkrak kualitas sperma. Yuk, simak!

1. Tomat

Senyawa bernama likopen dalam tomat terbukti mampu meningkatkan kualitas sperma pada pria. Kandungan likopen dalam tomat mentah sebesar 4,6 mg/cangkir. Sebuah penelitian menunjukan bahwa tingginya asupan likopen berhubungan dengan bentuk, pergerakan, dan volume sperma yang lebih baik. Ngga nyangka kan? Super ya tomat ini!

2. Wortel

carrots-673184_640

Senyawa bernama beta karoten dalam wortel ternyata mampu meningkatkan kualitas sperma loh! Terdapat 5,1 mg beta karoten dalam sebuah wortel ukuran sedang. Sebuah penelitian menunjukan bahwa tingginya asupan beta karoten berhubungan dengan konsentrasi sperma dan pergerakan sperma yang lebih baik dibandingkan dengan pria dengan asupan beta karoten yang rendah.

3. Kacang-kacangan

almond-21502_640

Senyawa bernama folat dalam kacang-kacangan dipercaya mampu meningkatkan kualitas sperma pada pria. Kacang-kacangan mengandung senyawa folat sebesar 358 mikrogram/cangkir. Folat sangat penting dalam proses pembentukan sperma. Sebuah penelitian menunjukan bahwa konsentrasi folat yang rendah berhubungan dengan meningkatnya kerusakan DNA pada sperma.

4. Bayam

Senyawa bernama lutein dan folat dalam bayam dipercaya mampu meningkatkan kualitas sperma pada pria. Bayam mengandung lutein (+zeaxanthin) sebesar 29,8 mg/cangkir. Sebuah penelitian menunjukan bahwa asupan lutein berhubungan dengan pergerakan sperma yang baik. Sementara itu, kandungan folat dalam bayam adalah 262 mikrogram/cangkir.

5. Labu kuning

pumpkin-1004377_640

Senyawa bernama cryptoxantin dalam labu kuning mampu meningkatkan kualitas sperma. Labu kuning mengandung beta cryptoxanthin sebesar 3,6 mg/cangkir. Sebuah penelitian menunjukan bahwa cryptoxantin berperan penting dalam memperbaiki kerusakan DNA dari oksidasi.

6. Jeruk

Senyawa bernama vitamin C dalam buah jeruk dipercaya mampu meningkatkan kualitas sperma pada pria. Jeruk mengandung vitamin C sebesar 62-93 mg per 60 gram. Sebuah penelitian menunjukan bahwa vitamin C meningkatkan pergerakan dan jumlah sperma. Selain itu, vitamin C juga berhubungan dengan bentuk sperma yang normal.

Jadi, jangan ragu untuk makan 6 makanan ini ya! Yuk, tuliskan pendapatmu di kolom komentar! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *