Tips Menjaga Berat Badan selama Liburan!

Teman Sehat, masih dalam suasana liburan nih! Siapa sih, yang ngga senang dengan liburan? Yap, mulai dari pelajar sampai pekerja yang bisa rehat sejenak dari kesibukannya.

    

Liburan ngga cuma pergi ke tempat wisata loh, tapi juga bisa melakukan hobi yang kamu sukai seperti hangout, kulineran dengan orang terdekat, bahkan ada yang menghabiskan liburannya sekedar hanya malas – malasan.

Nah, hal ini perlu kamu awasi, karena biasanya liburan identik dnegan kenaikan berat badan. Jadi, gimana ya solusinya agar tetap happy selama liburan? Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Tetap berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara buat menurunkan dan menjaga berat badan tetap ideal. Saat liburan, sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk melakukan olahraga.

Hal ini dikarenakan olahraga bisa membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga bisa menurunkan dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Beberapa studi mengungkapkan, bahwa olahraga selama 30 menit secara rutin bisa membantu kamu menjaga berat badan, loh!

2. Batasi konsumsi karbohidrat dan penuhi asupan protein

Konsumsi makanan yang mengandung protein lebih tinggi, bisa membantu kamu menjaga berat badan. Hal ini dikarenakan protein bisa memberikan ‘sinyal’ pada hormon, agar tubuh merasa kenyang, sehingga bisa menurunkan rasa lapar dan mengurangi asupan kalori yang berlebih.

Dalam sebuah studi mengungkapkan bahwa, membatasi asupan karbohidrat akan membantu proses penurunan berat badan, sehingga bisa membantu menjaga berat badan agar ngga menigkat dalam waktu yang cukup lama.

3. Konsumsi air mineral

Alangkah baiknya sebelum makan, kamu meminum air mineral kurang lebih 2 gelas terlebih dahulu, kenapa? Hal ini dikarenakan konsumsi air mineral sebelum makan, bisa memberikan rasa kenyang lebih cepat, sehingga kamu bisa mengontrol asupan makan dan kalori di dalam tubuh.

Dalam sebuah studi yang dilansir di salah satu artikel, mengatakan bahwa minum air putih sebelum makan, bisa mengurangi konsumsi karbohidrat, jika dibandingkan dengan seseorang yang ngga mengonsumsi air mineral.

4. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup bisa membantu kamu mengurangi kenaikan berat badan, loh! Kenapa? Karena jika kamu ngga tidur, tubuh bisa memengaruhi hormon ghrelin dan leptin yang akan memberikan ‘sinyal’ lapar dan akan memengaruhi otak buat menambah asupan kalori.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa kurangnya tidur bisa menyebabkan asupan makanan manis meningkat hingga 52% dan kalori hingga 11%. So, lebih baik tetap tidur sesuai dengan aturan, ya, yaitu 7 – 8 jam, agar bisa mengontrol kedua hormon itu.

Nah, itulah beberapa tips menjaga berat badan tetap ideal selama liburan. Ngga sulit kan, buat mengaplikasikannya? Cukup dengan niat dan pengontrolan diri, maka secara perlahan 4 tips ini bisa berjalan dengan baik. Happy Holiday all, tetap sehat, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *