3 Tips Menjaga Kesehatan saat Liburan!

Halo, Teman Sehat! Selamat Tahun Baru 2019! Semoga di tahun ini, semua target dan keinginan kamu tercapai. Oh iya, masih dalam suasana libur panjang anak sekolah, sayangnya liburan kali ini bersamaan dengan musim hujan.

Sehingga tubuh kamu dan si kecil, memerlukan daya tahan yang kuat agar tetap sehat selama liburan. Nah, agar kamu terhidar dari segala jenis penyakit saat liburan, yuk lakukan beberapa tips ini. Les’t check it out!

1. Siapkan waktu istirahat yang cukup

Saat menempuh jarak cukup jauh ke tempat liburan, tubuh kamu memerlukan waktu istirahat yang cukup. Jika menggunakan kendaran pribadi, seperti motor dan mobil, sempatkanlah beristirahat di rest area yang ada di sepanjang jalan. Tapi, kalau kamu menggunakan transportasi umum seperti, bus, kereta, atau pun pesawat, sempatkanlah beristirahat selama di perjalanan.

2. Biasakan cuci tangan dan mengganti pakaian

Tangan merupakan organ tubuh utama yang menjadi perantara perpidahan bakteri dan virus jahat dari lingkungan luar ke dalam tubuh kamu. Tanpa disadari, rata-rata orang menyentuh wajah, hidung, dan mata sebanyak lima sampai 16 kali per jam., loh!

Tangan banyak sekali menyentuh berbagai benda dan fasilitas umum seperti pintu, tangga, dan eskalator. Bisa dibayangkan, berapa juta bakteri yang ada di tangan kamu? Oleh karena itu, biasakan mencuci tangan dengan sabun agar kuman-kuman di tangan mati.

Selain itu, setelah beraktivitas seharian di luar ruangan, jangan lupa untuk mengganti pakaian. Hal ini dikarenakan tubuh akan mengeluarkan keringat yang diserap oleh baju. Selain itu, udara juga merupakan salah satu penghantar perpindahan bakeri ke baju yang dipakai. Mengganti baju secara rutin bisa menjadi salah satu pencegahan agar kamu tetap sehat.

3. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Saat liburan, bukan berarti kamu bisa makan apa pun sesuka hati kamu, ya! Saat berada di sebuah tempat wisata, kamu tetap harus memerhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Bagaimana pun juga, kamu ngga tau cara pengolahan dan asal bahan makanan yang dikonsumsi. Usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergzi agar liburan ngga terganggu oleh sakit perut atau hal-hal yang ngga diinginkan akibat salah makan, ya!

Nah, itulah 3 tips yang bisa kamu lakukan saat liburan, agar tubuh tetap sehat. Bagi kamu yang menghabiskan liburan dengan bersantai di rumah, bisa dilakukan dengan hal-hal produktif yang menyenangkan seperti membuat kue, menjahit, atau melukis. Happy holiday!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *