Tips Menjaga Kesehatan selama Bekerja di Kantor!

Halo, Teman Sehat! Bagi kamu yang masih bekerja di kantor, walaupun banyak rekan-rekan lainnya yang mulai bekerja di rumah (Work from Home) akibat upaya pencegahan penularan virus ini, kamu ngga perlu khawatir. Tetap menjaga kesehatan dan pola hidup bersih, akan membuat kamu terjaga dari penularan virus ini. Nah, gimana cara melakukannya? Yuk, simak beberapa tips di bawah ini!

1. Berikan informasi terkait masalah ini

Jika kantor kamu ngga melakukan pemindahan pekerjaan di rumah, karena ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, kamu bisa mengusulkan pemberian informasi yang tepat mengenai virus COVID19. Caranya dengan menempelkan poster-poster inforgrafis mengenai ciri-ciri infeksi virus, cara penularannya, dan cara pencegahannya dengan melakukan perilaku hidup sehat. Jika dengan poster kurang efektif, kamu bisa mengingatkannya melalui voice note melalui grup Wa ataupun mengigatkannya saat sebelum kegiatan rapat dimulai.

2. Terapkan perilaku hidup bersih

Setelah semua informasi dijelaskan dan alat promosinya sudah ditempatkan pada posisi yang tepat, kamu bisa mulai mengaplikasikannya di kantor. Mulailah kebiasaan mencucui tangan menggunakan sabun selama 20 detik sebelum dan setelah melakukan kegiatan. Jika tidak ada sabun, kamu bisa menyiapkan hand sanitizer dengan kandungan utama alkoholnya 60-95% di setiap ruangan yang berbeda.

Siapkan juga tisu kering, tisu basah dan masker di setiap meja kerja untuk meminimalisir adanya kontaminasi dari sekitar lingkungan mu. Perhatikan juga barang-barang disekitar yang selalu kontak dengan kamun seperti laptop, handphone, mouse laptop, dan barang-barang yang ada di sekitar meja kerjamu. Mulailah dengan menyemprotkan alkohol maupun mengelapnya dengan tisu basah untuk mngurangi kontaminasinya.

3. Jika sakit, hubungi atasanmu

Jika kamu merasa ngga enak badan atau merasakan gejala terinfeksi virus ini, seperti demam, batuk, bahkan sesak nafas, segera cek ke bagian kesehatan di kantor kamu. Jika diperlukan untuk pulang atau bekerja di rumah, minta izinlah kepada atasan mu untuk melakukan hal ini. Selama membereskan berkas untuk bekerja di rumah dan perjalanan pulang, jangan lupa gunakan masker untuk menghindari adanya penularan dengan sekitarmu. Istirahatlah di rumah dan kerjakanlah pekerjaan mu dengan jarak jauh.

4. Harus bekerja di luar kantor, perhatikanlah hal ini

Jika kamu terpaksa harus ke luar kantor untuk melakukan pertemuan dan pekerjaan, jangan khawatir. Pastikan pihak kantor telah mengecek tempat kamu untuk bekerja bukanlah tempat tersebarnya virus ini. Lalu perhatikan juga keuntungan dan kerugian bagi perwakilan pekerja yang kamu kirimkan, apakah akan merugikan kedua belah pihak atau tidak.

Cek kesehatan tubuh, jika tubuh merasa sehat dan lulus uji kesehatan di kantor, maka kamu bisa untuk memulai kegiatan di luar kota. Untuk meminimalisir adanya penyebaran virus, siapkanlah botol hand sanitizer berukuran 100 ml untuk memfasilitasi kamu selama berpergian ke luar kantor.

5. Konsumsilah makanan yang sehat

Bekerja seharian dikantor, terkadang membuat kamu lupa untuk makan siang dan cenderung memesan makanan cepat saji untuk menu makananmu. Tapi, untuk sekarang mulailah kurangi atau bahkan hindari mengonsumsi makanan yang satu ini, ya. Kamu perlu menjaga kesehatan tubuh dan sistem imun selama menghadapi pandemi ini, ditambah lagi cuaca yang berubah ngga menentu.

Mulailah mengonsumsi banyak sayur, buah, dan rempah-rempah dalam bentuk minuman hangat atau makanan. Jangan lupa tetap siapkan porsi makanan mu sesuai dengan isi piring makanan ku. Minumlah air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Jika diperlukan untuk mengonsumsi vitamin, konsumsilah untuk menambah daya tahan tubuh.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu dan lakukan saat berkegiatan di kantor dalam keadaan darurat. Oh iya, tetap jaga kesehatan ya, Teman Sehat! Lakukanlah pola hidup sehat dengan mengatur pola makan, minum air putih dan tetap melakukan olahraga ringan. #staysafe semuanya!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *