Viral Obat Covid-19: Mitos atau Fakta?

Teman Sehat, tahukah kamu klaim obat Covid-19 yang viral akhir-akhir ini? Yap, beritanya bisa kamu lihat di banyak media massa. Bahan utama obat yang diklaim mampu menyembuhkan virus ini berasal dari bahan herbal. Lalu muncul pertanyaan, benarkah bahan herbal tersebut bisa menyembuhkan Covid-19? Yuk, simak faktanya di sini!

Belum ada obat dan vaksin Covid-19

Hingga saat ini, belum ditemukan obat antivirus maupun vaksin pencegah Covid-19. Bahkan World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa vaksin Covid-19 masih dalam tahap pengembangan. Nah, sejauh ini tim medis hanya menyembuhkan tanda dan gejala yang diakibatkan oleh Covid-19. Kamu perlu cek kembali berita yang viral beredar, ya!

Upaya terbaik saat ini yakni melakukan tindakan pencegahan agar terhindar dari virus ini, seperti mematuhi aturan physical distancing, mencuci tangan secara rutin, mengurangi sentuhan pada mata, hidung, dan mulut, menutup hidung dan mulut saat bersin, serta melapor ke petugas kesehatan jika muncul tanda- gejala virus ini.

Bahan herbal memperkuat sistem imun

Banyak sekali berita yang mengklaim bahan-bahan herbal seperti pare, kunyit, atau bawang putih mampu menyembuhkan virus ini. Tahukah kamu, bahwa bahan pangan tersebut hanya membantu memperkuat sistem imun, bukan sebagai penyembuh Covid-19. Sistem imun yang kuat ngga hanya menghindarkan kamu dari paparan virus, tetapi juga berbagai penyakit lainnya.

Pare contohnya, bahan pangan ini mengandung senyawa fenolik yang merupakan kelompok antioksidan sehingga membantu memperkuat sistem imun. Begitu pula dengan kunyit, yang telah dibahas pada laman lini sehat sebelumnya, memiliki kandungan senyawa polifenol kurkumin yang berfungsi sebagai zat antioksidan. Sama halnya dengan bawang putih, yang memiliki kandungan antioksidan sehingga bisa memperkuat kekebalan tubuh.

Pastikan sumber berita valid dan terpercaya

Ngga semua berita yang beredar bisa kamu percaya kebenarannya, bahkan ada beberapa hanya menimbulkan kegaduhan atau hoaks. Kecemasan yang ditimbulkan, akan memicu stres dan menurunkan sistem imun, loh. Sehingga berbagai penyakit lebih mudah menyerang tubuh.

Oleh karena itu, World Health Organization (WHO) bisa kamu jadikan tempat rujukan informasi utama mengenai segala hal tentang kesehatan dan Covid-19. Sedangkan di dalam negeri, kamu bisa merujuk pada situs Kementerian Kesehatan RI sebagai sumber informasi terpercaya. Jika kamu mendapatkan informasi lainnya, lakukan re-check atau pengecekan kembali dan jangan mudah menyebarkan ke orang lain.

Jadi, obat Covid-19 tengah viral saat ini ternyata hanya mitos. Ngga semua informasi bisa kamu terima begitu saja. So, semoga beberapa fakta di atas bisa menambah wawasan kamu ya, Teman Sehat! Stay healthy!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *