Apa saja ya, Tips Makan-Minum saat Berbuka dan Sahur?

Halo, Teman Sehat! Bagaimana puasa hari ini? Yap, dalam menjalankan ibadah puasa, sangat penting bagi kamu untuk menjaga pola makan agar ngga berlebihan dalam mengonsumsinya. Pemilihan bahan pangan dan cara pengolahannya juga perlu kamu perhatikan. Tapi, gimana caranya, ya? So, let’s check it out!

Tips berbuka puasa

Pada saat berbuka puasa, jangan langsung mengonsumsi makanan dalam porsi besar, ya! Hal ini dilakukan, agar sistem pencernaan kamu bisa melakukan penyesuaian terlebih dahulu.

Jika kamu langsung mengonsumsi makanan berat, maupun berlemak tinggi dalam jumlah yang banyak, maka bisa menyebabkan perut mudah kenyang atau ‘begah’. Baiknya, kamu mengikuti tips berbuka di bawah ini, ya!

  • Air, jus buah, dan smoothie merupakan minuman yang dianjurkan karena mengandung banyak air dan gula alami. Konsumsi banyak cairan di antara waktu berbuka dan tidur, bermanfaat untuk menghindari dehidrasi selama puasa, loh!
  • Kurma, mengandung beberapa jenis gula yang mudah diserap oleh tubuh, seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa sehingga mampu menyediakan energi bagi tubuh dengan cepat. Kamu bisa mengonsumsi tiga kurma untuk mengikuti sunnahnya saat berbuka puasa.
  • Buah, mengandung gula alami, air, serat, vitamin dan mineral yang bisa menemani kamu saat berbuka puasa. Buah yang mengandung banyak air seperti semangka dan melon dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.
  • Sup, merupakan makanan yang cocok untuk berbuka puasa, karena menyumbang cairan untuk tubuh. Selain itu juga sup memberikan asupan zat gizi lainnya, seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin dari bahan-bahan yang digunakan.

Tips saat sahur

Pada saat sahur, kamu dianjurkan untuk banyak minum untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik untuk hari berikutnya. Ngga cuma itu aja, kamu juga perlu memilih menu sahur yang terdiri dari protein, karbohidrat kompleks (kaya serat) serta konsumsi buah dan sayur untuk membantu menjaga stamina selama puasa. Yuk, simak tipsnya!

  • Makanan kaya serat, makanan kaya akan serat akan membantu kamu agar ngga cepat merasa lapar karena proses pencernaannya lambat. Makanan ini bisa kamu dapatkan dari banyak bahan pangan seperti beras merah, ubi, kentang, maupun quinoa atau oat yang bisa menjadi alternatif menu lainnya.
  • Buah dan sayur yang mengandung tinggi serat sangat penting untuk meningkatkan rasa kenyang dan membantu mencegah sembelit. Selain itu, juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.
  • Hindari konsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh, karena membuat sering buang air kecil yang menyebabkan dehidrasi. Jika kamu sudah terbiasa, aturlah waktu konsumsinya dan seimbangkan dengan asupan cairan lainnya.
  • Kurangi makanan yang terlalu manis dan asin, karena gula dan garam bersifat menarik cairan tubuh, sehingga akan lebih sering buang air kecil dan menyebabkan cepat haus.

Nah, berdasarkan informasi di atas, kamu bisa menerapkannya saat berbuka puasa dan sahur. Jika Teman Sehat ada yang ingin menambahkan tips makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa langsung menambahkan di kolom komentar, ya! Semoga bermanfaat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *