Kenalan dengan Taekwondo, yuk!

Sahabat Sehat sudah familiar kan dengan taekwondo? Itu loh, cabang olahraga bela diri yang berasal dari Korea Selatan. Ternyata olahraga ini jadi salah satu seni bela diri paling populer di kalangan dewasa dan anak-anak, dengan lebih dari 70 juta praktisioner di 184 negara. Orahraga bela diri ini identik dengan teknik pukulan dan tendangannya. Mau tahu lebih lanjut tentang taekwondo? Simak ulasan berikut!

mengenal asal usul taekwondo
Foto: Freepik.com

 Asal-usul Taekwondo

Taekwondo (태권도/跆拳道), secara literal dari setiap karakter diartikan sebagai ‘tendang’, ‘pukul’ dan ‘seni atau cara’. Sehingga dapat dimaknai sebagai seni bela diri menendang atau memukul, tanpa menggunakan senjata. Olahraga bela diri ini mulai dikembangkan pada tahun 1940-an dan berakar dari berbagai seni ilmu bela diri Korea seperti Taekkyon, Subak dan Gwonbeop serta karate, serta seni bela diri China. Taekwondo modern yang kita kenal disetujui pada 1955. Federasi yang mengatur olahraga taekwondo di seluruh dunia disebut sebagai World Taekwondo yang bermarkas di Korea Selatan.

Kurikulum Pembelajaran Taekwondo

Organisasi seperti International Taekwon-Do Federation (ITF) atau Kukkiwon menyusun kurikulum pembelajaran taekwondo, tetapi pada dasarnya setiap sekolah taekwondo berhak membuat kurikulumnya sendiri. Biasanya kamu akan diajarkan poomsae (pola gerakan khusus dalam taekwondo); sparring (gyeorugi) yang terdiri sparring dari gaya bebas, sparring 7, 3, 2, dan 1 langkah (siswa berlatih kombinasi sparring yang telah diatur sebelumnya), dan sparring poin (sparring dihentikan dan kemudian dilanjutkan setiap kali poin dicetak); dan breaking (gyeokpa), yaitu menghancurkan papan atau material seperti batu bata, balok es, dan material lainnya.

pembelajaran taekwondo
Foto: Pixabay.com

Ada pula pembelajaran mengenai teknik bela diri (hosinsul); teknik dasar menendang, memblok serangan, memukul, dan menyerang, dengan sedikit penekanan pada bergulat dan menahan gerakan lawan; teknik melempar dan/atau jatuh (deonjigi atau tteoreojigi); latihan anaerobik dan aerobik (termasuk peregangan); serta latihan relaksasi, meditasi, dan kontrol pernapasan.

Sehat dengan Taekwondo

Taekwondo memiliki efek positif bagi kesehatan fisik maupun mental. Setiap gerakan  merupakan total body workout yang artinya menggunakan seluruh otot tubuh dan termasuk olahraga aerobik tinggi. Berlatih olarraga ini juga bisa memperkuat jantung, seiring dengan meningkatnya intensitas waktu untuk latihan, kesehatan jantung juga menjadi lebih baik.

Manfaat lainnya, yaitu meningkatkan kecepatan refleks dan fleksibilitas tubuh, serta membantu meningkatkan kecepatan metabolisme. Jadi, bisa dicoba untuk yang ingin menurunkan berat badan. Bukan hanya baik untuk badan dan meningkatkan kualitas gaya hidup, tetapi juga meningkatkan mood ditambah dengan menguatkan mental.

Nilai utama yang dijunjung di taekwondo bermanfaat bagi kehidupan pribadi dan sosial. Lima nilai dominan tersebut, yakni courtesy (sopan santun terhadap siapapun), integrity (mampu membedakan baik & benar, serta menegakkan apa yang benar), perseverance (tekun & tidak menyerah untuk terus berlatih dan mencapai golnya), self-control (mampu mengontrol emosi, pikiran dan aksi), dan indomitable spirit (berani mempertahankan prinsip dan kepercayaan).

Nah, Sahabat Sehat tertarik untuk menjajal seni bela diri yang satu ini? Ngga hanya menambah skill untuk melindungi diri, kamu juga bisa belajar bersosialisasi dan mendapat teman baru loh. Ngga peduli berapa usia kamu, yuk berani coba taekwondo!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Anonim. 2021. What is taekwondo. https://www.britishtaekwondo.org.uk/about-taekwondo/what-is-taekwondo/. Diakses 6 November 2021.

Anonim. 2021. What Are The Health Benefits of TaeKwonDo?. https://www.taekwondonation.com/what-are-the-health-benefits-of-tae-kwon-do-or-adults/. Diakses 7 November 2021.

Kim, Sang H. (2002). Martial Arts Instructors Desk Reference: A Complete Guide to Martial Arts Administration. Turtle Press.

WH Staff. 2019. 5 Surprising Benefits of Taking Up Taekwondo. https://www.womenshealth.com.au/benefits-of-taekwondo/. Diakses 7 November 2021. 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.