Cegah Dehidrasi saat Puasa, Bagaimana Caranya?

Halo Teman Sehat! Bagaimana puasa mu sampai hari ini? Rasa haus saat puasa memang paling sering jadi tantangan. Tapi, jangan sampai haus atau pun dehidrasi membuat puasa mu jadi terganggu. Mengatur asupan cairan sangat perlu diperhatikan, sebab saat puasa ngga ada cairan apapun yang masuk ke dalam tubuh hingga berjam-jam.

Lalu bagaimana cara mencegah dehidrasi saat puasa? Let’s check it out!

Minum 8 Gelas Air Putih Setiap Hari

Sama seperti hari biasa di luar bulan Ramadan, konsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari ngga boleh dilewatkan ya. Bahkan, di saat suhu udara sedang tinggi atau saat perkiraan cuaca sedang terik sebaiknya kamu mengonsumsi hingga 10 gelas air putih setiap hari. Saat itu, tubuh lebih mudah berkeringat dan cairan tubuh berkurang lebih banyak.

Pembagian minum bisa dilakukan dalam rentang antara berbuka hingga sahur. Kamu bisa membaginya menjadi 2-4-2, artinya 2 gelas saat berbuka, 4 gelas ketika malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Ngga terlalu sulit bukan?

Konsumsi Makanan Tinggi Kandungan Air

Ada beberapa bahan pangan yang memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa menyumbang asupan air bagi tubuh, seperti buah semangka dan sayur-sayuran. Kamu bisa mengonsumsi semangka sebagai pencuci mulut saat berbuka atau tambahan menu saat sahur. Selain itu, sayuran seperti ketimun dan tomat juga memiliki kadar air tinggi sehingga cocok dihidangkan sebagai salad ketika malam hari.

Batasi Minuman Berkafein

Beberapa minuman berkafein yang sering dikonsumsi diantaranya kopi, teh, atau kola. Mengapa minuman berkafein menyebabkan dehidrasi? Hal ini karena minuman tersebut memiliki efek diuresis yang menyebabkan tubuh memproduksi urin lebih banyak. Oleh karena itu, cairan tubuh berkurang sehingga kemungkinan terjadinya dehidrasi sangat besar.

Hindari Tempat Terik dan Panas

Rata-rata penduduk dunia berpuasa 15-16 jam per hari pada Ramadan tahun ini. Beberapa diantaranya mengalami waktu siang yang panjang dan panas. Sebisa mungkin, carilah tempat dingin dan teduh serta hindari sinar matahari yang menyengat. Tubuh secara alamiah mengeluarkan keringat sebagai respon suhu yang tinggi, hal inilah yang bisa memicu dehidrasi karena tubuh berisiko kehilangan cairan.

Akan tetapi, tips terakhir ini bersifat opsional. Apabila kegiatan sehari-hari kamu ngga memungkinkan menjaga kondisi ruangan agar tetap dingin dan teduh, maka cara pencegahan bisa dilakukan dengan melakukan tips-tips sebelumnya.

Nah, itulah setidaknya empat tips yang bisa diterapkan supaya ngga dehidrasi maupun haus berlebihan saat berpuasa. Kalau kamu punya tips lainnya, yuk kasih tau Teman Sehat dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *