Yuk, Atasi Insomnia dengan Yoga

Teman Sehat, kamu sering di kejar deadline, sibuk scrolling sosial media atau lebih nyaman bekerja di malam hari? Hati-hati kamu bisa terkena insomnia, loh! Yap, sekarang ini mulai banyak pelajar, mahasiswa, bahkan sampai pekerja kantoran. Padahal, pakar kesehatan menganjurkan orang dewasa untuk tidur 8 jam setiap malamnya agar tubuh tetap bugar dan sehat. Lalu bagaimana ya, agar kamu terhindar dari insomnia? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Apa itu insomnia?

Insomnia merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada sistem tubuh, sehingga kamu sulit untuk tidur. Tapi, jika seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau sering terbangun di malam hari dan ngga bisa tidur lagi dan terjadi 3 kali dalam seminggu selama berbulan-bulan, maka gangguan yang diderita tergolong kronis.

Gangguan ini bisa menyebabkan kelelahan di siang hari dan tingkat energi berkurang. Seseorang yang menderita gangguan ini mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, memahami suatu hal, menurunnya daya ingat dan kesulitan dalam melakukan pekerjaan rutin. Pengendalian emosi juga sangat lemah, sehingga penderita akan mudah untuk marah.

Bagaimana cara mengatasinya?

Salah satu caranya yaitu dengan melakukan Yoga. Yap, beberapa ahli menganjurkan untuk melakukan aktivitas ini sebelum tidur. Faktnya, aktivitas ini punya banyak manfaat seperti, bisa meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas fisik, meningkatkan pernafasan, mengurangi stres dan meningkatkan fokus.

Pasti banyak orang bertanya, apa hubungannya yoga dengan insomnia? Yap, seorang peneliti menjelaskan bahwa ketika penderita gangguan tidur ini melakukan yoga sebelum tidur, maka kondisinya akan mejadi rileks. Ketika tubuh menjadi rileks, maka variabilitas detak jantung atau HRV akan meningkat sehingga saraf otonom pada tubuh akan menjadi tenang. Hal inilah yang menyebabkan perasaan lebih teratur dan tenang secara emosi sehingga tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.

Bagaimana cara melakukannya?

Nah, kamu bisa mencoba yoga sebelum tidur untuk mengurangi insomnia. Tapi ingat, lakukan yoga secara rutin dan di atas matras. Hindari melakukan yoga di atas tempat tidur, agar kasur tetap bersih dan rapi agar tidur menjadi nyenyak. Lakukan yoga secara rutin dengan durasi 10-15 menit. Lalu bangaimana melakukannya?

  1. Kamu bisa memutar musik meditasi agar membangun suasan menjadi nyaman,
  2. Posisikan duduk diatas matras menjadi nyaman dan rilekskan tubuhmu dengan menutup mata,
  3. Tarik napas secara perlahan dan mendalam, lakukan beberapa kali hingga detak jantung terasa normal
  4. Lakukan gerakan pergangan tubuh secara perlahan, agar persendian menjadi lemas
  5. Lakukanlah gerakan yoga yang ringan seperti foward fold, side lunge, low cresent lunge, half pigeon, dan lain sebagainya.

So, Teman Sehat bisa mencoba yoga sebelum tidur dan yang terpenting lakukan secara rutin ya meskipun durasinya ngga lama. Usahakan selesaikan semua pekerjaan sebelum jam 9 malam ya, agar pada saat tidur ngga menjadi beban dan berdampak pada susahnya tidur. Selamat mencoba!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *