Yuk Jaga Kesehatan Mental dengan 5 Cara Ini!

Halo Teman Sehat! Sebenarnya Teman Sehat tahu ngga sih apa yang dimaksud dengan kesehatan jiwa/mental? Lantas, gimana dengan orang yang mengalami gangguan jiwa atau mental?

Kesehatan jiwa adalah suatu kondisi sehat, emosional, psikologis, dan sosiologi yang terlihat dari hubungan interpersonal yang memuaskan, perilaku dan koping yang efektif, konsep diri yang positif dan kestabilan emosional.

Kesehatan jiwa memiliki banyak komponen dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Untuk tetap menjaga kesehatan jiwa tersebut, yuk simak 5 cara ini dengan menerapkan pola hidup sehat:

1. Atur pola makan

Yang pertama adalah tentang pola makan. Gimana hubungannya ya? Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia, sehingga ketersediaanya harus terjamin dan terpenuhi. Sehingga sangat penting buat memahami bahwa pola makan memiliki efek besar yang ngga hanya terhadap tubuh, tapi juga mental. Pastikan asupan gizi tiap harinya tercukupi karena otak bekerja dengan menggunakan energi, sama seperti otot.

2. Perbanyak sosialisasi

Sosialisasi ngga hanya penting buat meningkatkan mood dan menjaga diri merasa bahagia loh, tapi juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan mental secara keseluruhan. Tertawa dan bersikap ramah membantu tubuh memproduksi dan melepaskan hormon-hormon positif. Selain itu, bisa melalui berbicara dengan teman dan keluarga dengan mencurahkan semua perasaan dan yang mengganjal di dalam pikiran alisa curhat. Menyimpan masalah sendiri nggak baik ya Teman Sehat! Itu bisa membawa Teman Sehat pada kecemasan, stress bahkan depresi.

3. Cukup tidur

Tidur adalah aktivitas favorit kebanyakan orang, Teman Sehat pasti setuju! Tidur ngga hanya penting untuk upaya peremajaan tubuh (mengembalikan tubuh ke dalam kondisi yang fit) dan memperbaiki berbagai luka, tapi juga baik untuk kesehatan otak. Beberapa studi menunjukkan bahwa otak kita menetapkan dan mengatur memori serta gagasan di saat tidur. Tanpa melalui kondisi atau periode REM (tidur dengan gerak mata cepat), karena rendahnya kualitas tidur, kita bisa mengalami delusi (berkhayal) dan bahkan bisa berujung pada kematian.

4. Refreshing

Kita udah tau kalau stress ngga baik buat kesehatan mental dan bisa membawa kepada gangguan/penyakit mental yang lebih parah seperti depresi dan kecemasan. Pastikan Teman Sehat memiliki “me time” untuk benar-benar memanjakan diri Teman Sehat, melakukan refleksi, beristirahat, bercengkrama, bercanda, bercerita dan kegiatan penyegaran/refreshing lainnya. Dan jangan lupa piknik biar ngga panik!

5. Miliki pengalaman baru

Melakukan hal yang sama terus menerus alias monoton bisa mematikan perkembangan otak dan akhirnya bisa membawa kepada tingkah laku obsesif sekaligus tertutupnya pikiran terhadap hal baru. Berikan pengalaman dan pandangan baru secara rutin kepada otak untuk memastikan otak Teman Sehat selalu berkembang. Bisa melakukan hal baru seperti mendaki gunung, surfing, menjelajahi alam dan banyak lagi!

Jadi, gampang kan buat menjaga kesehatan jiwa kita? Dengan kelima cara ini, Teman Sehat akan hidup lebih bahagia dan sehat jiwa raganya. Yuk, share tips lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *