Yuk, Kenali 4 Jenis Cokelat Ini!

Teman Sehat, minggu kemarin kamu mendapatkan banyak cokelat? Yap, bulan Februari memang identik dengan bulan ‘cokelat’. Selain banyak penggemarnya karena rasanya yang manis dan bisa meningkatkan ‘mood’, kandungan zat antioksidannya juga bisa bermanfaat bagi tubuh, loh!

Menurunkan risiko terpapar radikal bebas, penyakit kardiovaskular, kanker, dan penuaan dini adalah salah satu manfaat dari produk olahannya. Kamu tahu ngga, apa aja kenisnya? Mau tahu lebih lanjut, yuk simak penjelasannya di sini!

1. Couverture chocolate

Cokelat couverture merupakan jenis produk olahan yang memiliki kualitas paling tinggi, karena mengandung lemak cokelat (cocoa butter) yang tinggi. Selain itu, produk olahan jenis ini, paling peka pada suhu tinggi, sehingga mudah sekali untuk meleleh.

Produk yang sering kamu konsumsi ini, seperti dark chocolate, milk chocolate dan white chocolate, juga termasuk jenis olahan ini. Tapi ngga semua cokelat ini cepat leleh ya, karena dalam pengolahannya produk ini bisa menggunakan lemak dari minyak sawit yang membuat produk ngga mudah leleh.

2. Compound chocolate

Compound chocolate atau biasa disebut dengan cooking chocolate, merupakan jenis produk yang sering digunakan pada industri pangan. Hal ini dikarenakan cooking chocolate bisa dipanaskan langsung, tanpa mengubah rasa alaminya.

Selain itu jenis produk ini juga mudah sekali membeku dalam suhu ruang. Oh iya, kamu juga bisa menambahkan aroma atau rasa pada jenis ini. Beberapa cokelat yang masuk ke dalam jenis ini yaitu, dark cooking chocolate, milk cooking chocolate, dan white cooking chocolate.

3. Cocoa powder

Siapa sih, yang ngga tau salah satu jenis cokelat yang satu ini? Yap, Cocoa powder merupakan salah satu olahan dari kakao (buah cokelat) yang terbuat dari cocoa butter yang diproses dan diambil sarinya dari cokelat cair (cocoa liquor). Cocoa powder sering digunakan untuk pembuatan minuman atau campuran untuk adonan kue.

4. Coating chocolate

Nah, jenis cokelat yang terakhir adalah coating chocolate atau baking imported chocolate. Perbedaan coating chocolate dengan jenis lain, yaitu penggunaannya sebagai cokelat pelapis pada makanan, dengan komposisi lemak nabati, susu, gula, leticin, dan vanili.

Selain itu, produk coating chocolate dibagi menjadi tiga jenis, seperti unsweetened chocolate (rasanya pekat dan ngga kandungan gula),  bittersweet (rasa yang agak pahit dan kandungan gula yang sedikit), dan semisweet (rasa agak manis).

Yap, itulah empat jenis produk olahan cokelat yang banyak kamu temui di toko atau pasar swalayan. Gimana nih, Teman Sehat? Sudah tahu kan, jenis cokelat yang akan kamu gunakan untuk keperluan mengolah nantinya? Semoga informasi ini bermanfaat ya! Jangan lupa, share cerita kamu di sini!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *