2 Manfaat Dark Chocolate yang Harus Kamu Tahu!

Teman Sehat, siapa yang minggu ini banyak kiriman cokelat? Tau ngga sih, selain sebagai kudapan dengan kandungan kalori yang ‘dihindari’ sebagian orang karena kandungan kalorinya yang tinggi. Ternyata cokelat punya manfaat yang baik, loh buat kulit kamu! Apalagi dark chocolate, mau tau gimana manfaatnya? Let’s check it out!

Dark chocolate

Sekarang ini, setidaknya terdapat 3 jenis cokelat yang populer yaitu, dark chocolate, milk chocolate dan white chocolate. Sebelum diolah menjadi 3 jenis cokelat ini, buah cokelat (cacao) butuh proses panjang untuk menghasilkan bubuk kakao.

Dark chocolate dibuat dengan mencampurkan 35-85% bubuk kakao dengan chocolate butter dan gula. Milk chocolate dibuat dengan mencampurkan susu dengan lebih banyak gula. SEdangkan white chocolate ngga memiliki kandungan bubuk cokelat, tapi memiliki rasa yang mirip dengan milk chocolate karena adanya campuran susu.

Kandungan ORAC pada cokelat

Dark chocolate memiliki kandungan ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) yang tinggi. ORAC mengukur aktivitas antioksidan pada makanan. Semakin tinggi ORAC, semakin tinggi pula aktivitas antioksidan makanan.

Dark chocolate mengandung agen aktif antioksidan seperti polifenol, flavanol dan katekin. Kandungan flavanol menjadikan kulit lebih berseri dan kenyal. Flavanol juga berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke kulit dan kelembapan kulit.

Melindungi dari sengatan sinar matahari

Selain itu, dark chocolate terbukti dapat melindungi kulit dari sengatan berbahaya sinar UV (ultra violet), loh! Pada sebuah studi dari London University of the Arts, menunjukkan bahwa nilai MED (minimal erythemal dose) akan meningkat hingga 2 kali lipat pada orang yang telah mengonsumsi dark chocolate.

MED merupakan nilai minimal sinar UV-B yang diperlukan untuk menjadikan kulit memerah dan menggelap. Dengan kata lain semakin tinggi nilai MED pada kulit, maka semakin sulit seseorang menjadi merah karena sinar matahari. Kesimpulan dari studi tersebut adalah, dark chocolate mempunyai agen yang bisa melindungi kulit dari penggelapan sinar UV.

Nah, sekarang Teman Sehat sudah tahu kan, manfaat tersebunyi dark chocolate untuk kulit. Selain kaya antioksidan, dark chocolate juga mampu melindungi kulit dari sinar UV. Walaupun begitu, tetap atur jenis dan jumlah cokelat yang dikonsumsi ya, Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *