Yuk Kenali Kandungan 4 Jenis Mie Warna-warni Ini

photo-1454334281609-87a89762912c

Mie. Siapa sih yang ngga pernah nyobain makanan sensasional ini? bukan bihun bikini ya Teman Sehat, hehehe

Makanan berbahan dasar terigu ini amat populer di berbagai belahan dunia, terutama di daerah Asia. Selain rasa yang lezat, makanan ini juga terbilang terjangkau untuk semua kalangan (terutama untuk para mahasiswa atau anak kos di akhir bulan).

Jangan ngaku sebagai pencinta mie kalau kamu belum tau kandungan dan bahan dasar alami dari mie warna-warni yang ngehits ini:

Mie orange

Jenis ini umumnya dibuat dari campuran 70% terigu dan 30% adonan wortel. Jenis ini sudah banyak terdapat di kedai-kedai bakmi karena bahan serta harga yang cukup terjangkau. Jenis ini tentu saja memiliki lebih banyak kandungan vitamin mineral seperti vitamin A, C, B1, B3, zat besi, kalsium, fosfor, dan serat.

Mie hijau

Biasanya, jenis ini dibuat dari campuran terigu dengan adonan berbagai jenis sayuran hijau seperti sawi hijau, bayam, dan katuk. Di pasaran sendiri banyak ditemui jenis ini dengan bahan dasar sawi hijau. Jenis ini umumnya memiliki kandungan vitamin A, B1, B2, zat besi, kalsium, fosfor, dan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan mie tanpa campuran sayuran hijau.

mie-pelangi-tokomesin

Mie kuning/putih

Warna natural pada jenis ini menjadi salah satu keunggulan dalam penjualan. Meskipun memiliki warna yang natural, namun pada beberapa produk dapat kita temui campuran bahan khusus seperti misalnya campuran adonan jagung atau singkong yang kemudian kita kenal dengan sebutan tepung mocaf.

Mie dari tepung mocaf saat ini bahkan sudah dijual dalam bentuk kemasan, salah satunya yang diluncurkan oleh pemerintah Kota Depok pada 2013 lalu. Kandungannya juga cenderung lebih sehat selain karena vitamin dan mineral, juga karena kandungan karbohidrat kompleks yang membuat tubuh mencerna lebih lama kandungan gula.

Mie merah/ungu

Warna merah atau ungu didapat melalui pencampuran terigu dengan ubi ungu atau bit merah. Jenis ini masih jarang ditemui dipasaran karena harga bahan dasar seperti bit merah yang relatif mahal. Namun bit merah sendiri sudah terkenal dalam hal kandungan zat besi yang tinggi. Selain itu juga tidak ketinggalan kandungan yang tinggi pada kalsium, fosfor, vitamin A dan C.

Selain lezat, kaya akan vitamin mineral, juga relatif aman dikonsumsi terutama kalau kamu membuatnya sendiri dirumah. Iya, kalau bisa buat di rumah, kenapa harus beli? Karena ada juga loh pedagang nakal yang justru menggunakan pewarna berbahaya ke dalam makanannya. Serem ya?

Nah, kamu sudah coba yang warna apa? Share yuk di kolom komentar! (Agt&Don)

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.