Yuk Terapkan CERDIK untuk Ginjal yang Sehat!

Selamat Hari Ginjal Sedunia, Teman Sehat! FYI, hasil riset tahun 2013 ternyata di Indonesia 2 dari 1000 orang menderita gagal ginjal dan 6 dari 1000 orang menderita batu ginjal, loh! Bukan tanpa sebab, perubahan pola hidup masyarakat ke arah yang ngga sehat menjadi penyebab utama peningkatan angka penyakit ini. Nah, Kementerian Kesehatan sudah sering mengampanyekan tips CERDIK untuk menjaga kesehatan ginjal kita. Apa aja ya? Simak ulasan berikut yuk!

Sumber: pixabay.com

Penyebab penyakit ginjal

Teman Sehat, menjaga ginjal kesehatan ginjal sangat penting untuk kesehatan keseluruhan tubuh kita. Coba kita bayangkan jika ‘sampah’ hasil metabolisme ngga bisa dikeluarkan dari tubuh, maka secara perlahan pun akan memengaruhi fungsi tubuh lainnya. Nah, ada faktor yang menyebabkan penyakit ginjal, seperti diabetes tipe 2, hipertensi, konsumsi NAPZA, penggunaan obat pereda nyeri, dan radang ginjal. Faktor-faktor ini merupakan hal yang bisa kita hindari dengan pola hidup sehat dan gizi seimbang.

Faktor risiko yang ngga bisa diubah

Sumber: pixabay.com

Selain faktor risiko yang dapat diubah, risiko penyakit ginjal juga meningkat pada orang dengan riwayat penyakit ginjal di keluarga, kelahiran prematur, usia, trauma/luka di daerah perut, dan jenis penyakit tertentu (Lupus, Anemia, Kanker, AIDS, Hepatitis C dan Gagal Jantung Berat). Jadi, tinggi dan banyaknya faktor risiko penyakit ginjal tentunya harus membuat kita berusaha menghindari risiko yang dapat kita cegah ya, Teman Sehat.

CERDIK untuk ginjal yang sehat

Sumber: unsplash.com

Lantas, gimana sih cara menjaga kesehatan ginjal? Teman Sehat bisa praktekkan tips ginjal sehat berikut dalam kehidupan sehari-hari:
1. Cek kesehatan secara rutin, agar memastikan kondisi kesehatan kita tetap prima dalam beraktivitas, serta mengurangi risiko adanya penyakit yang tidak bergejala sebelumnya.
2. Enyahkan asap rokok, selain menghindari rokok juga pastikan kita hidup di lingkungan tanpa asap rokok ya, Teman Sehat! Baik perokok aktif maupun pasif sama-sama berakibat buruk pada kesehatan kita.
3. Rajin aktivitas fisik. Nah, salah satu kunci menghindari penyakit tidak menular seperti penyakit ginjal adalah aktivitas fisik. Ngga harus di klub kebugaran, cukup jalan kaki, jogging, ataupun berenang selama minimal 150 menit/minggu atau 30 menit sehari dalam 5 hari.
4. Diet sehat kalori seimbang, jangan lupa perhatikan asupan makanan sehari-hari ya. Konsumsi makanan real food, variasikan menu agar kebutuhan zat gizi terpenuhi dengan baik.
5. Istirahat cukup, pastikan tubuh tetap fit dengan istirahat cukup dan berkualitas.
6. Kelola stress, ini juga penting banget ya Teman Sehat. Selain mencegah penyakit, mengelola stress juga dapat membuat kita menjalani hari dengan fit dan produktif.

Nah, bagaimana Teman Sehat? Ingat the best medicine is no medicine, agar ngga perlu banyak berobat maka menerapkan gizi seimbang tentunya no debat ya? Memulai hidup sehat juga dapat dilakukan perlahan, seperti subtitusi makanan ultra proses yang tinggi gula dengan buah-buahan yang manisnya alami. Kita coba bareng-bareng mulai dari sekarang yuk! Share pengalaman kamu di kolom komentar ya!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia SGz

Referensi

Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular. 2017. Ginjal Kronis. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/subdit-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/ginjal-kronis
Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular. 2017. Fungsi dan Faktor Risiko Ginjal. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/subdit-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/fungsi-dan-faktor-risiko-ginjal

Proscia, A. 2014. MyPlate for Healthy Eating With Chronic Kidney Disease (MyPlate Education for Patients With Chronic Kidney Disease Receiving Hemodialysis and Peritoneal Dialysis Treatment). Journal of Renal Nutrition.
https://www.jrnjournal.org/article/S1051-2276(14)00038-7/pdf

Rao, GHR. 2018. Diet and Nutrition: Metabolic Diseases. Global Journal of Nutrition and Food Science. https://irispublishers.com/gjnfs/fulltext/diet-and-nutrition-metabolic-diseases.ID.000504.php

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.