Rambut Rontok Akibat Diet, Mitos atau Fakta?

Halo, Teman Sehat! Pernahkah kamu melihat seseorang mengalami rambut rontok saat menjalani diet ketat? Atau justru kamu pernah mengalaminya sendiri? Faktanya, ada beberapa alasan rambut mengalami kerontokan saat menjalani diet yang ngga sehat. Jangan khawatir, sebab masalah tersebut ternyata bisa diatasi melalui konsumsi makanan, loh. Yuk, simak penjelasannya di sini!

Penyebab rambut rontok

Rambut rontok menjadi masalah yang dialami banyak orang. Kondisi ini menyebabkan rasa ngga nyaman, aktivitas terganggu, bahkan menimbulkan stres. Sebenarnya, rambut rontok disebabkan oleh banyak faktor, seperti genetik, stres, ketidakseimbangan hormon, hingga penyakit bawaan lainnya.

Gloomy girl looking at her hair, need new haircut Free Photo

Salah satu permasalahan yang sering terjadi saat melakukan diet yaitu kerontokan pada rambut. Umumnya, masalah ini menyerang seseorang dengan diet ketat. Semua jenis diet yang dijalankan ngga sesuai aturan kesehatan bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh.

Diet menyebabkan rambut rontok

Diet ketat menimbulkan efek “kaget” pada metabolisme tubuh. Saat menjalani diet ketat yang ngga sehat, asupan gizi yang dibutuhkan bisa jadi dikurangi atau bahkan dihilangkan dari menu harian sehingga terjadi ketidaklengkapan asupan gizi yang menimbulkan masalah kesehatan.

Diet concept with sport woman and healthy food Free Photo

Salah satu diet yang ngga sehat adalah diet yang mengharuskan seseorang ngga mengonsumsi karbohidrat. Diet jenis ini menyebabkan tubuh lemas dan imunitas menurun sehingga mudah terserang penyakit. Karbohidrat merupakan sumber utama energi tubuh. Selain itu, diet vegan atau plant-based diets  juga memiliki risiko seseorang kekurangan mineral yang berasal dari hewani sehingga berdampak pada rapuhnya akar rambut dan kerontokan rambut.

Makanan untuk mengurangi rambut rontok

Rambut rontok bisa dikurangi dengan cara mengonsumsi zat gizi melalui beberapa makanan berikut ini. Check it out!

Top view a kind of nuts with raisins and a cup of tea Free Photo

  1. Kacang-kacangan. Semua jenis kacang-kacangan dianjurkan untuk dikonsumsi guna mengurangi kerontokan rambut. Kacang-kacangan merupakan bahan pangan sumber protein nabati, vitamin E, dan mineral. Kandungan ini bisa membantu memperbaiki kerusakan dan menguatkan akar rambut.
  1. Alpukat. Buah alpukat merupakan salah satu buah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Alpukat juga merupakan sumber asam lemak omega 3 yang membantu proses pertumbuhan rambut.
  1. Telur, daging, dan ikan. Telur, daging, dan ikan menjadi sumber protein hewani dan zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut sehingga  bisa mengurangi kerontokan rambut.
  1. Buah-buahan sumber vitamin C. Buah sumber vitamin C seperti jambu biji, jeruk, dan berries membantu meningkatkan produksi kolagen yang juga dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Semoga jenis-jenis makanan di atas bisa membantu kamu mengatasi permasalahan rambut rontok, ya! Sebaiknya konsultasikan kepada ahli gizi mengenai jenis diet yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai melakukan diet yang berlebihan dan ngga sesuai anjuran kesehatan sehingga mampu meminimalisir dampak negatif bagi tubuh.  Eat healthy, be happy! Jangan lupa bagikan informasi menarik ini ke orang-orang di sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *