3 Hal Positif Mendukung War on Drugs

Halo Sahabat Sehat! Tahukah kamu setiap tanggal 26 Juni diperingati sebagai Hari Anti Narkotika Internasional (HANI)? Peringatan ini dilakukan untuk menyuarakan perlawanan terhadap zat-zat terlarang jenis narkoba (narkotika dan obat-obatan). Indonesia sendiri udah menyatakan darurat narkoba semenjak lama, loh! Di tengah pandemi sekarang, jumlah pengedaran dan pengguna narkoba terus meningkat. Padahal konsumsi narkoba memberikan dampak buruk terhadap kesehatan seperti dapat mengubah struktur dan cara kerja otak, mempengaruhi kontrol diri, dan berujung pada kecanduan.

Sumber: unsplash.com

Penyebab penyalahgunaan narkoba sangat beragam, mulai dari rasa penasaran dan ingin mencoba, bentuk pelarian dari masalah, mencari kesenangan semata, dan lain sebagainya. Lalu, gimana sih agar terhindar dari bahaya narkoba? Yuk, simak tiga hal positif yang dapat dilakukan agar terhindar dari penggunaan narkoba!

1. Mindfullness (kesadaran penuh)

Apa sih sebenernya mindfulness tersebut? Mindful merupakan kemampuan dasar manusia untuk memahami diri sepenuhnya, simpelnya menyadari di mana kamu berada dan apa yang kamu lakukan, serta ngga terlalu reaktif atau kewalahan dalam menghadapi sesuatu yang terjadi di sekitar. Tujuan dari mindfulness adalah membangun kerja batin antara proses emosional, mental, dan fisik. Mindfulness dapat dipraktikkan dengan meluangkan waktu untuk berhenti sejenak dari aktifitas rutin sehari-hari dan menikmati setiap helaan nafas.

2. Berani bicara

Sumber: unsplash.com

Jika ada permasalahan yang sedang kamu hadapi, cobalah ceritakan kepada teman, keluarga, atau siapapun yang kamu percaya. Hal tersebut bisa membantu meringankan beban permasalahan meskipun sekedar bercerita dan tanpa menemukan penyelesaian. Dengan mempercayakan kepada teman atau keluarga yang mendukung, Teman Sehat bisa terhindar dari pergaulan yang salah yang justru akan membuat kamu terjebak di lingkungan yang negatif. Jika dirasa teman atau keluarga ngga dapat membantu, kamu bisa berkonsultasi dengan seorang profesional seperti psikolog.

3. Pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat adalah kunci untuk kesehatan fisik maupun mental. Beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membiasakan diri  adalah dengan mulai berolahraga ringan seperti berjalan kaki, tidak begadang, menghindari rokok, serta mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Pola hidup sehat tersebut memiliki dampak jangka pendek dan panjang bagi tubuh, baik dari segi kesehatan maupun pikiran. Nah, jika udah terbiasa dengan pola hidup seperti ini, Teman Sehat tentunya bisa jauh-jauh dari narkoba.

Tiga hal positif di atas mudah banget kan untuk diterapkan? Yuk, bangun kesadaran yang baik, ciptakan support system yang kuat, dan selalu hidup sehat agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Referensi

Humas BNN. 2020. Manfaat Pola Hidup Sehat Terhindar dari Narkoba. https://balangankab.bnn.go.id/manfaat-pola-hidup-sehat-terhindar-dari-narkoba/

Kominfo. 2016. Kemenkominfo dan BNN Sosialisasi Anti Narkoba: Putus Mata Rantai Informasi Keliru tentang Narkoba. https://www.kominfo.go.id/content/detail/7385/kemenkominfo-dan-bnn-sosialisasi-anti-narkoba-putus-mata-rantai-informasi-keliru-tentang-narkoba/0/berita.

Mindful. 2016. Get Started with Mindfulness Meditation. https://www.mindful.org/meditation/mindfulness-getting-started/

News in Health. 2017. Dealing with Drug Problem. https://newsinhealth.nih.gov/2017/06/dealing-drug-problems

Tirto.id. 2020. Narkoba, Jangan Pernah Coba-Coba. https://tirto.id/narkoba-jangan-pernah-coba-coba-f7Jp.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.