Senam Jantung Sehat, Olahraga Pilihan Masa Pandemi

Sahabat Sehat, pandemi Covid-19 yang ada hingga saat ini membuat kesehatan menjadi bagian penting dan berharga dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga didukung oleh para ahli yang menyatakan bahwa selain mematuhi protokol kesehatan. Kamu juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19.

Upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh supaya tetap bugar dan sehat secara fisik maupun mental, diantaranya yaitu menerapkan pola makan sehat, memastikan tubuh mendapatkan hidrasi yang cukup, istirahat cukup, dan berolahraga secara teratur. Salah satu olahraga populer yang bisa dilakukan di dalam rumah adalah senam jantung sehat (SJS).

senam jantung sehat
Foto: PIxabay.com

Ragam manfaat senam jantung sehat

SJS bisa diartikan sebagai olahraga yang mengutamakan kemampuan jantung baik gerakan otot besar maupun kelenturan sendi. SJS menjadikan detak jantung menjadi lebih cepat dan tubuh berkeringat.

Senam ini disusun melalui berbagai gerakan yang dapat memberikan manfaat bagi jantung, yaitu menjaga berat badan ideal, memperkuat otot jantung, dan mencegah kerusakan pembuluh darah akibat tingginya kolesterol, tekanan darah, dan gula darah. SJS juga berpotensi untuk menurunkan angka risiko serangan penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti stroke.

Gerakan senam jantung sehat

SJS terdiri dari serangkaian gerakan senam aerobik atau kardio dasar yang bervariasi dengan intensitas berbeda, mulai ringan, menengah, hingga berat. Pilihan senam yang mudah diikuti, antara lain:

Jogging diam di tempat, gerakan ini sesuai untuk mengawali gerakan yang lebih berat. 30 hingga 60 detik merupakan waktu yang bisa dilakukan untuk mencoba gerakan ini.

Jumping jacks, gerakan melompat dengan membuka kaki lebar dan lengan menepuk diatas kepala.

cara melakukan senam jantung sehat
Foto: Freepik.com

Squat jump, gerakan yang dimulai dengan berdiri tegak, diikuti dengan berjongkok seperti akan duduk dan punggung lurus membentuk sudut 45 derajat. Lompat dan mendaratlah dengan posisi jongkok seperti semula.

Memanjat, gerakan seperti mendaki gunung yang memposisikan seperti akan push-up, kedua siku dan punggung diposisikan dalam keadaan lurus.

Burpees, gerakan yang menggabungkan antara squat jump dan push-up.

Sahabat Sehat, senam jantung sehat bisa memberikan hasil yang optimal apabila dilakukan penerapan gerakan yang tepat, pemanasan di awal dan akhiri dengan pendinginan masing-masing selama 5-10 menit, serta rutin dilakukan minimal 30 menit dalam 5 kali seminggu. Dengan rutin berolahraga, kamu bisa terhindar dari berbagai gejala penyakit jantung, seperti nyeri dada dan sesak napas. Yuk, semangat bergerak!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Hello Sehat. 2021. Yuk, Ketahui Manfaat dan Gerakan Senam Jantung Sehat. https://hellosehat.com/jantung/penyakit-jantung/senam-jantung-sehat/ Diakses 26 Desember 2021

Alodokter. 2020. Inilah Gerakan Senam Jantung yang Mudah Dilakukan. https://www.alodokter.com/inilah-gerakan-senam-jantung-sehat-yang-mudah-dilakukan Diakses 26 Desember 2021

Halodoc. 2021. Tips Menjaga Kesehatan Tubuh saat Pandemi Second Wave. https://www.halodoc.com/artikel/tips-menjaga-kesehatan-tubuh-saat-pandemi-second-wave Diakses 26 Desember 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.