3 Manfaat Konsumsi Teh Putih

Teman Sehat sudah minum teh hari ini? Yap, teh merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di dunia sebagai teman sarapan atau santai di sore hari.

Selain itu, teh juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, seperti menjaga tubuh dari radikal bebas, memberikan efek rileks dan sebagainya.  Di Indonesia, biasanya teh yang dikonsumsi adalah teh hitam dan teh hijau. Tapi, kamu tau ngga? Ternyata teh putih atau white tea  punya kandungan zat gizi dan manfaat yang ngga kalah loh dari teh hitam dan teh hijau.

Mau tau apa aja manfaatnya? So, let’s check it out!

1. Tinggi kandungan antioksidan

Teh jenis ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga memiliki manfaat untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes. Dalam beberapa penelitian yang dimuat oleh Journal of Food Science, teh putih dan hijau memiliki kadar antioksidan dan polifenol yang cukup tinggi.

Mengonsumsi teh secangkir atau dua cangkir teh perharinya, bisa memberikan pengaruh yang baik, loh buat kesehatan! Selain itu, Britis Journal of Nutrition juga mengatakan bahwa, mengonsumsi teh bisa meningkatkan jumlah antioksidan  di dalam tubuh dan menghambat proses reaksi penuaan pada sel.

2. Meningkatkan kesehatan gigi

Menurut studi yang dilakukan oleh Vanka, mengonsumsi teh putih bisa meningkatkan kesehatan pada mulut, loh! Hal ini dikarenakan teh putih kaya akan kandungan zat gizi  fluoride, katekin, dan tanin.

Seperti yang kamu tau, fluoride bisa membantu mencegah terjadinya lubang pada gigi dengan membuat lapisan pada permukaannya, sehingga gigi bebas dari asam yang ditimbulkan oleh bakteri dan sisa makanan (gula). Selain itu, kandungan tanin yang dikombinasikan dengan floride, ternyata bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab plak pada gigi, loh!

3. Menjaga kesehatan otak

Dalam sebuah penelitian di San Jorge University, Spanyol, mengatakan bahwa ekstrak teh putih bisa melindungi otak dari risiko timbulnya sel kanker dan racun. Hal ini juga diperkuat oleh penelitian yang dilakukan Neurotoxicity Research, bahwa ekstrak teh putih secara efektif bisa melindungi sel otak untuk mencegah terjadinya kerusakan sel dalam otak.

Selain itu, kandungan antioksidan yang setara dengan teh hijau, bisa meningkatkan  kemampuan kerja otak (fungsi kognitif) pada orang tua dan mengurangi terjadinya  kerusakan pada fungsi kerja otak (cognitive decline).

Nah sekarang udah tau kan, apa aja manfaat konsumsi teh putih? Oh iya, jangan lupa tetap batasi konsumsinya ya, karena sesuatu yang berlebihan ngga baik loh, buat tubuh!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *