5 Teh yang Harus dicoba saat Hari Teh Sedunia

Halo, Teman Sehat! Masih dalam suasana Hari Teh Sedunia, kamu harus tahu cerita dibalik peringatan hari ini. Yap, peringatan ini pertama kali dilakukan pada tahun 2005 di India berdasarkan hasil pertemuan beberapa negara penghasil teh dunia di World Social Forum di Mumbai, India.

Peringatan ini, dihadiri oleh beberapa negara penghasil teh seperti Srilanka, Bangladesh, Nepal, Vietnam, Uganda, Kenya, Malawi, Tanzania, Zambia, Malaysia dan Indonesia. Tujuan diperingatinya hari ini, diantaranya, memenuhi hak pekerja dan petani, membangun hubungan antar stekholder, mengawal kebijakan dan memfasilitasi jalur perdagangan.

Oh iya, di minggu yang spesial ini kamu harus coba beberapa teh yang terkenal di dunia. Mau tau apa aja? So, let’s check it out!

1. Teh hitam kayu aro

Kamu patut berbangga loh, sebagai orang Indonesia! Kenapa? Karena jenis teh ini, sangat disukai oleh Ratu Belanda. Yap, mulai dari Ratu Wilhelmina sampai Ratu Beatrix, menyukai teh hitam yang berasal dari dataran tinggi di Jambi ini.

Teh kayu aro merupakan salah satu jenis teh hitam terbaik dengan kualitas No. 1 di dunia. Salah satu daya tariknya adalah, aroma teh yang khas dengan warna seduhan orange bening dan rasanya yang kental. FYI, pucuk daun teh yang diproses dan diseduh di perkebunan ini, merupakan pucuk pilihan, loh!

2. Earl Grey

Minum teh cantik ala Eropa, bisa kamu lakukan di Indonesia, loh! Yap, earl grey, merupakan teh hitam asal Inggris yang ditambahkan citarasa bergamout oil (sejenis minyak citrus/lemon).

Nama earl gray diambil dari nama Perdana Menteri Inggris yang diberikan teh dengan racikan spesial oleh ahli teh dari China. FYI, rasa teh ini kaya akan rasa bunga-bunga, citrus dan sedikit rasa anggur. Selain dengan tambahan bergamout oil, teh ini juga bisa ditambahkan ekstrak lavender dan vanila.

3. Assam tea

Teh assam, merupakan teh yang berasal dari daerah Assam di India. Jenis teh ini adalah teh hitam dengan ada sedikit rasa biji-bijian. Hal ini dikarenakan teh ini tumbuh di sepanjang sungai Brahmaputra dengan suhu dan kelembapan yang sesuai.

Oh iya, teh assam juga dikenal sebagai breakfast tea, english breakfast tea atau Irish breakfast tea. Menurut beberapa ahli, mengonsumsi teh assam, lebih enak disajikan dengan dua sendok susu atau pemanis (gula tebu) sesuai dengan selera.

4. Mate tea

Teh mate, merupakan teh herbal yang bukan berasal dari tanaman teh. Minuman ini berasal dari seduhan daun Yerba Mate yang tumbuh di Brazil, Paraguai, dan Argentina. Minuman ini, menjadi salah satu minuman tradisional di negara Amerika Selatan.

Selain itu, teh mate juga menjadi salah satu minuman alternatif pengganti kopi. Tapi jangan salah loh, minuman ini mendapat predikat ‘tonik untuk seluruh tubuh’ karena khasiatnya yang bisa memperbaiki dan memelihara fungsi fisiologi tubuh dengan memberikan rasa rileks dan memberikan tenaga pada tubuh.

5. Rooibos tea

Sama seperti teh mate, teh rooibos merupakan teh herbal yang berasal dari tanaman rooibos yang tumbuh di daerah panas dan kering, seperti di Afrika Selatan. Tanaman ini seperti semak-semak yang bentuk daunnya tajam seperti jarum.

Dalam bahasa Afrika, rooibos berarti semak merah. Daun rooibos diproses dengan dua cara yaitu fermentasi dan non fermentasi. Teh rooibos yang difermentasi, akan memberikan warna merah pada daunnya.

Saat diseduh akan memberi warna jingga sampai kemerahan dengan rasa manis yang kuat dan sedikit rasa buah. Sedangkan teh tanpa fermentasi, disebut green rooibos dengan rasa mirip greentea dan kandungan antioksidan yang lebih tinggi.

Nah, Teman Sehat, itulah beberapa teh terkenal di dunia yang harus kamu coba. Mulai dari teh dengan rasa khasnya sampai rasa biji-bijian, bunga, buah bahkan citrus. Jangan lupa share pengalaman minum teh kamu di sini, ya!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *