Yuk, buat Bekal untuk Liburan!

Halo, Teman Sehat! Ngga kerasa ya, udah masuk tahun 2019, artinya kamu mendapatkan semangat baru dalam menjalankan hidup! Oh iya, masih dalam suasana liburan sekolah si kecil, selama liburan pasti kamu sibuk menentukan tempat wisata dan bekal yang akan di bawa selama liburan, ya kan?

Membawanya saat liburan, akan mempermudah kamu menjaga kesehatan keluarga selama bersenang-senang dan menghemat budget kamu. Mengatur menu bekal selama liburan, seperti mengurangi makanan manis, akan mengurangi rasa kantuk karena makanan ini akan menyebabkan asupan kalori yang tinggi.

Nah, agar ngga salah pilih menu bekal, yuk simak menu sehat apa aja yang dipersiapkan untuk bekal kamu! Let’s check it out!

Penuhi bekal dengan protein

Makanan berprotein tinggi, bisa menjadi pilihan tepat buat mengurangi kalori berlebih pada bekal. Kamu bisa mengisi seperempat bagian kotak bekal dengan sumber protein tanpa lemak, seperti daging sapi panggang, ayam, brisket, ham, atau ikan. Mulailah menggunakan pola makan dengan protein tanpa lemak, agar bisa meningkatkan rasa kenyang yang lebih lama.

Jangan lupakan buah dan sayur

Nah, setelah memenuhi seperempatnya dengan protein, kamu bisa menambah seperempatnya lagi dengan sayuran non-tepung, seperti sayuran hijau seperti brokoli, sawi, asparagus, bayam, wortel atau jamur dengan rasa yang lezat dan berserat tinggi, tapi rendah kalori.

Nah, kalau kamu kurang suka dengan sayuran, kamu bisa mencampurnya dengan buah-buahan dengan saus apel tanpa pemanis, saus cranberry tanpa gula, atau dressing salad yang bisa menjadi menu lezat dan sederhana pada bekal.

Karbohidrat juga perlu, loh!

Menu terakhir yang bisa kamu gunakan adalah bahan makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi merah ataupun mie yang terbuat dari gandum utuh.

Kamu juga bisa menggantinya dengan kentang rebus yang dikonsumsi dengan salad atau ubi rebus dengan kelapa kering. Intinya, porsi karbohidrat yang ada di kotak bekalmu harus sedikit dikurangi, agar asupan kalori ngga berlebihan.

Snack juga penting

Saat diperjalanan, pasti ngga lepas dengan makanan ringan atau snack. Kamu bisa memilih kacang-kacangan sebagai camilan selama perjalanan. Kacang almond, kenari ataupun mete bisa jadi alternatif buat camilanmu. Coklat juga bisa dipilih yang dicampur roti gandum berserat tinggi. Tapi ingat ya, tetap atur asupan kacang-kacangan yang kamu konsumsi!

Nah, Teman Sehat, intinya, porsi kotak bekal kamu harus dominan protein dan serat agar asupan kalorinya ngga berlebihan, sehingga menyebabkan rasa kantuk selama liburan. Kamu juga bisa bereksperimen loh, untuk mempersipakannya selama liburan.  So, selamat mencoba dan tetap sehat selama liburan!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *