4 Bahan Pangan yang Bisa Meningkatkan Sistem Imun Kamu!

Teman Sehat, tahukah kamu, mengonsumsi makanan yang beragam dengan kandungan zat gizi tertentu, bisa membantu menjaga sistem imun kamu tetap ‘on’ saat menghadapi bakteri dan virus yang datang?

Walaupun berdasarkan tulisan Harvard Health Publishing, ngga semua bahan pangan yang kamu konsumsi bisa meningkatkan kerja sistem imun, karena kompleksnya sistem imun di dalam tubuh. Tapi, bukan berarti kamu ngga perlu mejaga makan, karena menjaganya merupakan salah satu upaya pertahanan tubuh dari serangan bakteri dan virus. Inilah beberapa bahan pangan yang bisa membantu mejaga sistem imun kamu!

1. Jahe

Tahukah kamu, saat pendemi Covid19 meningkat, permintaan rimpang yang satu ini juga meningkat, loh!  Jahe bermanfaat sebagai anti oksidan yang bisa melindungi tubuh kamu dari zat radikal bebas.

Selain itu, jahe juga berfungsi sebagai anti peradangan (inflamasi), karena zat aktif yang dikandungnya yaitu gingerol, paradol, sesquiterpene, shogaol bisa mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Hal ini dibuktikan pada studi yang dilakukan terhadap penderita Human Respiratory Syncytial Virus (HRSV), jahe mengurangi efek peradangan dan meningkatkan sistem imun.

2. Kunyit

Sama seperti jahe, jenis rimpang yang satu ini juga mulai terkenal akhir-akhir ini karena manfaatnya. Kandungan zat aktif kurkumin pada kunyit, bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan sifat antioksidan, anti peradangan, anti bakteri dan virus. Pada tulisan yang dilansir oleh laman healthline, zat aktif ini juga berfungsi sebagai imun modulator, yaitu membentu mengatur fungsi sel imun saat memerangi kanker.

Selain itu, menurut studi yang dilakukan oleh Susan mengenai manfaat kurkumin, zat ini juga berfungsi menekan peradangan melalui banyak mekanisme, sehingga kurkumin disebut sebagai agen inflamasi yang potensial. Masih dalam studi yang sama, zat ini juga memiliki sifat yang sama dengan vitamin E, yaitu sebagai antioksidan pemecah rantai zat radikal bebas.

3. Plain yoghurt

Bakteri baik yang terkandung pada yogurt berperan sebagai anti peradangan di dalam tubuh, loh! Bakteri ini akan menjaga keseimbangan di usus, agar bakteri jahat yang terdapat di dalamnya, ngga mendominasi dan menyebabkan peradangan. Selain itu kandungan zat gizi mikro pada yogurt, seperti magnesium (Mg), selenium (Se), zink (Zn), dan vitamin D juga ikut berperan dalam proses, menjaga, maupun meningkatkan kerja kekebalan tubuh.

4. Sayur dan buah

Siapa yang ngga tahu manfaat dua kelompok bahan pangan ini. Yap, berdasarkan tulisan yang dilansir pada laman Physicians Committee for Responsible Medicine, beberapa zat gizi yang terkandung di dalam buah berpotensi untuk meningkatkan sistem imun. Pada vitamin C dan E, zat gizi ini bisa mendukung respon alami sistem imun.

Pada vitamin D, bisa mengurangi risiko infeksi virus, termasuk infeksi saluran pernafasan dengan mengurangi produksi senyawa yang bisa memicu peradangan di dalam tubuh. Sedangkan senyawa beta-karoten, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel-sel yang melawan penyakit. Mineral zink (Zn) membantu meningkatkan sel darah putih untuk melawan penyakit.

Nah, itulah beberapa bahan pangan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Oh iya, tapi jangan hanya berfokus pada bahan pangan ini saja ya, kamu juga perlu mengonsumsi makanan sesuai dengan panduan isi piring makanan ku dengan tetap merapkan gaya hidup sehat, ya!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *