Grounding: Cara Tubuh Terkoneksi dengan Bumi

Halo, Teman Sehat! Kalau kamu suka melakukan kegiatan baru di masa pandemi, mungkin kamu harus mencoba grounding. Kegiatan ini merupakan cara menghubungkan diri dengan bumi. Walaupun terdengar sederhana, tapi ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental terlebih di saat pandemi seperti ini, loh. Penasaran seperti apa? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Menghubungkan manusia dengan bumi

Grounding merupakan kegiatan yang bisa menghubungkan tubuh manusia dengan bumi secara elektrik. Bagaimana caranya? Ternyata bumi yang kamu pijak selama ini menyimpan muatan listrik alami yang secara langsung memengaruhi tubuh manusia. Muatan listrik bumi tersebut didapatkan dari peristiwa sambaran petir, radiasi matahari, dan perubahan atmosfer lainnya di permukaan bumi.

Pie, Césped, Dedos, Descalzo, Pie Descalzo

Dulu manusia terhubung dengan bumi karena kebiasaannya seperti tidur di atas tanah atau jalan tanpa alas kaki. Berbeda dengan sekarang, manusia sudah ngga terhubung dengan bumi karena perubahan zaman yang membuat manusia menerapkan gaya hidup baru. Hilangnya koneksi tubuh manusia dengan bumi tersebut menyebabkan ketidakseimbangan muatan listrik di dalam tubuh. Dengan praktik grounding, manusia bisa kembali terhubung dengan bumi dan mendapatkan efek positif.

Manfaat bagi kesehatan

Belum banyak studi yang mempelajari manfaat grounding. Akan tetapi, beberapa studi telah membuktikan efeknya bagi kesehatan fisik dan mental. Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh:

Hombre, Luto, Desesperación, Emoción, Dolor, Placer

  • Kelelahan kronis dan gangguan tidur. Menurut hasil penelitian, beberapa orang dewasa terbukti sering mengalami beban fisik dan emosional akibat pekerjaan. Setelah melakukan terapi ini rasa nyeri, stres, depresi, kelelahan, dan gangguan tidur bisa berkurang.
  • Kecemasan dan depresi. Kesehatan mental menjadi masalah yang sering terjadi akhir-akhir ini, tapi teknik grounding bisa menjadi salah satu cara mengatasinya karena terjadi perbaikan mood secara signifikan setelah pemberian terapi. Mungkin kamu harus coba!
  • Kondisi darah tinggi. Studi menyebutkan, penderita hipertensi mengalami penurunan takanan darah setelah dilakukan terapi selama beberapa bulan di rumah.

Cara sederhana yang wajib dicoba

Kamu bisa melakukan grounding dengan beberapa cara yang berfokus menghubungkan diri kembali dengan bumi. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara kontak langsung maupun ngga langsung dengan bumi.

woman in water

  1. Berjalan tanpa alas kaki. Pasti kamu pernah berlarian di pantai dengan kaki telanjang, kan? Nah, tanpa kamu sadari itu merupakan cara grounding, loh. Tapi ngga harus ke pantai, kamu juga bisa melakukannya di rumput atau tanah di sekitar rumah sehingga memberi kesempatan kulit bersentuhan langsung dengan bumi yang akan memberikan energi.
  2. Berbaring di atas tanah. Kamu bisa lakukan dengan berbaring di atas rumput taman atau pasir pantai. Kalau kamu memilih cara ini, pilih tempat yang aman dan ngga membuatmu terluka, ya.
  1. Berendam di air. Berenang atau berendam di air seperti di danau atau laut bisa dilakukan, asalkan tetap mematuhi aturan keamanan dan keselamatan.
  2. Menggunakan alat grounding. Alat-alat yang bisa dipakai agar mendukung kegiatan ini yaitu alas, seprai dan selimut, kaus kaki, atau gelang khusus grounding. 

Nah, itulah penjelasan mengenai grounding yang masih jarang orang tahu. Tertarik untuk mencoba, Teman Sehat? Pastikan keadaan sekitar kamu aman terlebih dahulu sebelum mencobanya. Stay healthy! Jangan lupa bagikan informasi menarik ini ke orang-orang di sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *