4 Manfaat Senam Hamil bagi Bumil

Teman Sehat, saat hamil banyak perubahan fungsi fisiologis dan piskologis yang terjadi loh! Seperti perubahan emosional, mudah cemburu, sensitif, cenderung malas, meminta perhatian lebih, perasaan ngga nyaman, hingga menimbulkan kecemasan pada ibu hamil (bumil).

Kecemasan ini, bisa memuncak pada usia kehamilan menginjak trisemester III. Hal ini dikarenakan bumil mulai memikirkan proses persalinan. Nah, buat mengurai kecemasannya, bumil bisa melakukan senam hamil. Senam ini berfungsi untuk mempersiapkan fisik dan mental bumil, sehingga persalinan berlangsung dengan lancar.

Selain itu ada 4 manfaat lain saat bumil melakukan senam hamil. Mau tau apa aja? Let’s check it out!

1. Memperlancar persalinan

Yap, senam hamil yang dilakukan semenjak trisemester III, akan memperlancar persalinan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di RSIA Sakina Idaman Sleman, senam hamil bisa menurunkan kemungkinan proses kelahiran yang lama (partus lama), masalah persalinan lainnya sehingga proses kelahiran menjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan tubuh ibu hamil terbiasa dilatih dan mengeluarkan banyak energi saat olahraga atau senam.

2. Mencegah komplikasi kehamilan

Pada saat hamil, beberapa perempuan rentan mengalami gangguan penyakit seperti diabetes gestasional (diabetes saat hamil) dan nyeri punggung. Menurut beberapa penelitian, senam hamil yang dilakukan bisa menurukan risiko diabetes gestasional dan mengurangi intensitas nyeri punggung.

3. Menyuplai oksigen ke janin

Pergerakan senam hamil, ngga cuma mengutungkan ibunya aja, loh tapi juga janin yang dikandungnya. Ketika bayi mulai bernafas sendiri, oksigen akan mengalir lewat plasenta, melalui aliran darah bumil ke bayi yang dikandungnya. Melakukan senam hamil, akan meningkatkan jumlah oksigen dalam darah ke seluruh tubuh ibu sehingga aliran oksigen ke bayi melalui plasenta juga akan lancar.

4. Tidur lebih nyenyak

Masalah sulit tidur pasti dirasakan hampir semua bumil. Yap, salah satunya adalah rasa cemas yang muncul dan mulai ‘menghantui’ bumil. Melakukan aktivitas senam hamil secara rutin, bisa membuat bumil cepat menghabiskan energinya dan berdampak pada kualitas tidur yang semakin baik.

Nah, Teman Sehat ternyata olahraga ini berpengaruh loh, terhadap penurunan kecemasan. Sebaiknya olahraga ini, rutin dilakukan menjelang persalinan, minimal satu kali dalam seminggu, dimulai pada saat umur 24 minggu.

Jangan lupa, sesuaikan olahraga yang dilakukan dengan kemampuan tubuh. Hindari melakukan olahraga dengan risiko tinggi karena bisa membuat ibu dalam bahaya.

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *