5 Tips Mencegah Stroke

Halo Teman Sehat! Tahukah kamu, kalau stroke merupakan penyebab kematian ketiga setelah penyakit jantung dan kanker di dunia? Yap, di Amerika Serikat setiap tahunnya, sekitar 795.000 orang bisa mengalami penyakit ini, dengan 77% merupakan kejadian pertama kali dan 23% merupakan kejadian yang berulang. Sedangkan di Indonesia, kasus stroke pada tahun 2013 sebesar 51,6 per 100.000 penduduk.

Risiko penyakit stroke

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), stroke terjadi karena kurang optimalnya kerja saraf yang disebabkan gangguan fungsi otak yang terjadi  secara tiba-tiba dan berlangsung selama 24 jam atau kurang.

Penyakit ini bisa menyebabkan kematian tanpa adanya penyebab lain, selain masalah pembuluh darah (vascular). Biasanya, risiko stroke lebih besar di kalangan laki-laki dibandingkan  perempuan. pada usia  dibawah 45 tahun sebesar 11,8%, usia 45-64 tahun sebanyak 54,2% dan diatas 64 tahun sebanyak 33,5%.

Lalu gimana ya, cara supaya kamu bisa mencegah atau mengurangi risiko terkeda stroke? Yuk, simak 5 tipsnya! Let’s check it out!

1. Menjaga pola makan

Konsumsi makanan asin dan berlemak yang berlebih, bisa meningkatkan jumlah kolesterol di dalam darah dan meningkatkan risiko hipertensi yang bisa memicu terjadinya strokeKamu bisa mengatur konsumsi makanan gurih dan garam sesuai dengan standar yang ada. Menurut pedoman gizi seimbang (PGS), konsumsi garam yang baik yaitu 6 gram atau satu sendok teh per hari.

Sedangkan, konsumsi makanan yang disarankan buat mengatur pola makan kamu yaitu, makanan yang kaya akan lemak ngga jenuh (ikan, alpukat, kacang-kacangan, dan sebagainya), protein, vitamin, dan serat (sayur, buah, biji-bijian utuh (whole grain), dan daging rendah lemak).

2. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur bisa membuat jantung dan sistem peredaran darah bekerja lebih efektif dan efisien. Olahraga juga bisa menurunkan kadar kolesterol, menjaga berat badan dan tekanan darah yang normal.

3. Berhenti merokok

Risiko storke bisa meningkat dua kali lipat, jika seseorang merokok. Kenapa? Karena rokok memiliki dampak mempersempit pembuluh darah dan membuat darah mudah menggumpal. Berhenti merokok, bukan cuma mengurangi risiko stroke aja, loh! Tapi, mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit paru-paru dan jantung.

4. Menghindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol mengandung kalori tinggi. Jika minuman dikonsumsi secara berlebihan, maka seseorang rentan terhadap berbagai penyakit pemicu stroke, seperti diabetes dan hipertensi. Konsumsi minuman beralkohol berlebihan, juga bisa membuat detak jantung menjadi ngga teratur.

5. Menghindari penggunaan NAPZA

Konsumsi NAPZA (Narotika, Psikotropik, dan Zat adiktif) seperti narkoba, kokain dan methamphetamine, bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah ke jantung (arteri) dan mengurangi aliran darah, loh! Penyempitan pembuluh darah ini, bisa memicu penyakit stroke.

Yuk, lakukan 5 tips tadi! Supaya kamu bisa mencegah meningkatnya risiko stroke. Ingat ya, risiko penyakit ini ngga cuma untuk orang dewasa atau lansia, tapi juga remaja! Jangan lupa jaga kesehatan kamu dengan pola makan yang baik dan aktivitas fisik sesuai dengan PGS!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *