Stroke, Kenali Ciri-Cirinya!

Teman Sehat, tahukah kamu kalau stroke merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia? Menurut data Rikesdas tahun 2007, sebanyak 15,4% penyebab kematian berasal dari penyakit stroke. Penyakit ini, bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Agar kamu terhindar dari penyakit ini, yuk kenali lebih dalam tentang stroke! Let’s check it out!

Stroke

Menurut WHO, stroke merupakan penyakit yang disebabkan terputusnya aliran darah ke otak, yang terjadi karena pecahnya atau tersumbatnya pembuluh darah, sehingga asupan zat gizi dan oksigen ke otak berkurang.

Faktor penyebabnya ada beberapa hal, seperti usia, jenis kelamin, konsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi kalori, kurangnya konsumsi buah dan sayur, merokok, kurangnya aktifitas fisik dan beberapa penyakit lainnya yang bisa meningkatkan risiko stroke. Nah, utuk mengurangi dan mencegah terjadinya penyakit ini, yuk simak ciri-cirinya!

1. Gangguan motorik

Gangguan motorik atau dalam ilmu kesehatan disebut hemidefisit motorik. Gangguan ini terjadi pada salah satu bagian tubuh (sisi anggota gerak) yang tiba-tiba memberikan rasa lemah. Biasanya pelemahan ini, terjadi pada tangan bagian kiri maupun bagian kanan.

2. Gangguan sensorik

Berbeda dengan gangguan motorik, gangguan sensorik atau dalam ilmu kesehatan disebut hemidefisit sensorik, merupakan salah satu gejala yang mungkin dianggap biasa oleh kamu. Gejalanya berupa kesemutan atau hilangnya refleks/tingkat kepekaan pada salah satu tangan ataupun kaki.

3. Penurunan kesadaran

Penurunan kesadaran, merupakan salah satu ciri terjadinya stroke, loh! Penurunan kesadaran secara tiba-tiba, ditandai dengan rasa sakit kepala secara mendadak, perasaan pusing yang berputar, penglihatan menjadi ganda, dan hilangnya kesadaran pada lingkungan.

4. Kesulitan berbahasa

Kamu tau ngga? Ternyata cara berbahasa, bisa memengaruhi cara kamu beromunikasi, loh! Tapi, perlu diwaspadai, jika tiba-tiba kamu mengalami gangguan atau kesulitan berbahasa. Kenapa? Karena hal ini, merupakan salah satu ciri seseorang mengalami stroke. Penderita akan kesulitan melafalkan bunyi yang keliru, seperti perubahan bunyi “b” menjadi “w”, penghilangan bunyi dan salah pengucapan.

5. Demensia

Demensia merupakan penyakit yang disebabkan gangguan otak, dengan ciri hilangnya ingatan secara bertahap. Ternyata ngga cuma itu aja, loh! Demensia juga bisa menyebabkan penderitanya lupa dengan identitas diri dan merawat dirinya.

Dalam jangka panjang, demensia juga bisa menyebabkan penderitanya kesulitan berbahasa, pembelajaran, perhitungan, penilaian, bahkan hingga memiliki kepribadian yang  berubah-ubah.

Jadi gimana Teman Sehat? Setelah menyimak penjelasan ini, sudahkah kamu mengenali ciri-ciri terjadinya stroke? Yuk kenali ciri-cirinya, dan cegah dengan melakukan pola hidup sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *