Kenali 4 Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi Ini!

Halo Teman Sehat! Taukah kamu banyak penyakit yang terjadi akibat kolesterol tinggi?

akibat Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi pada dasarnya bukan merupakan sebuah penyakit, namun kondisi ini perlu kita waspadai karena beresiko menimbulkan berbagai macam penyakit. Bermula dari ketidakseimbangan kadar kolesterol dalam darah, kemudian dapat bermunculan berbagai macam penyakit yang membahayakan bahkan dapat mematikan.

Berikut ini 4 penyakit berbahaya akibat kolesterol tinggi yang perlu kita kenal.

1. Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner merupakan penyakit karena adanya penyempitan pembuluh darah di dalam jantung yang berfungsi sebagai pemasok darah dan oksigen ke dalam jantung. Meskipun kadar kolesterol bukan menjadi satu-satunya penyebab, namun kondisi ini dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit ini. Kadar koleterol berlebih di dalam darah dapat menjadi pemicu timbulnya plak yang menyumbat pembuluh darah yang mengalir ke jantung sehingga menyebabkan penyakit jantung koroner.

2. Stroke

Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu terjadinya penumpukan lemak atau plak di dalam pembuluh daran yang menuju ke otak. Jika hal ini terjadi terus menerus maka dapat mengganggu aliran darah yang membawa oksigen dan pasokan darah ke otak.

Hal ini dapat menjadi penyebab terjadinya penyumbatan pembuluh darah atau bahkan pecahnya pembuluh darah di otak. Kurangnya pasokan darah dan oksigen ke otak mengakibatkan rusaknya sel-sel saraf di otak. Akibatnya, sebagian anggota tubuh lumpuh, menyebabkan gangguan bicara dan merusak fungsi otak lainnya. Serem kan?

3. Hipertensi

darah tinggi

Salah satu penyebab seseorang mengalami hipertensi alias darah tinggi adalah kadar kolesterol yang tinggi. Pola konsumsi makanan yang serba praktis dan berkolesterol tinggi memacu timbulnya timbunan lemak didalam tubuh. Hal ini dapat memicu terjadinya penimbunan lemak dalam dinding pembuluh darah sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan tekanan darah meningkat.

4. Angina pektoris

Jantung dapat bekerja dengan baik jika suplai darah berjalan dengan lancar. Jika sebagian arteri jantung terjadi penyumbatan, maka suplai darah ke jantung akan terhambat yang dapat menimbulkan rasa nyeri atau sesak di dada.

Salah satu penyebab sumbatan tersebut adalah kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah dan berlangsung lama. Biasanya, Angina bersifat mendadak dan dapat digambarkan seperti tertimpa benda berat atau diikat oleh tali di seputar dada.

Nah, udah tau kan berbagai penyakit serem yang timbul akibat kolesterol yang tinggi?

Yuk, mulai gaya hidup yang lebih sehat dan lebih bijaksana dalam memilih dan mengonsumsi makanan!

Apakah kamu berani hidup lebih sehat? Yuk, tuliskan di kolom komentar! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *